Dinas Kesehatan Barito Utara Bagikan Vitamin A

share on:

Muara Teweh, Jubi/Antara – Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, pada Februari 2015 menyalurkan kapsul vitamin A kepada 16 puskesmas tersebar di sembilan kecamatan.

“Pendistribusian kapsul vitamin A ini guna diberikan kepada anak di pedalaman dan perkotaan secara gratis,” kata Kepala Dinas Kesehatan Barito Utara Robansyah di Muara Teweh, Senin (9/2/2015).

Dia menjelaskan para petugas di puskesmas akan mendistribusikan ke berbagao posyandu di wilayah masing-masing yang tersebar di Barito Utara.

Manfaat vitamin A bagi bayi dan balita, katanya, untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak, sehingga tidak gampang terserang penyakit.

“Kemudian untuk membantu kesehatan mata bayi dan anak balita agar tidak terserang penyakit rabun senja dan penyakit-penyakit mata lainnya,” kata dia.

Robansyah mengatakan vitamin A merupakan salah satu zat gizi penting yang diperlukan oleh tubuh yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan kesehatan mata.

Apabila balita kekurangan vitamin A dalam jangka waktu lama, katanya, akan mengakibatkan gangguan pada mata dan bila tidak segera mendapat vitamin A akan mengakibatkan kebutaan.

Oleh karena itu, katanya, apabila seorang anak menderita kekurangan vitamin A maka penyakit infeksi tersebut akan bertambah parah karena daya tahan tubuh balita menurun.

“Untuk mencegah kekurangan vitamin A pada bayi dan balita, maka dilaksanakan pemberian vitamin A yang rutin dilaksanakan setiap enam bulan sekali, yakni bulan Pebruari dan Agustus. Untuk itu, mari ajak anak balita anda ke posyandu terdekat,” kata Robansyah. (*)

Editor : Dewi wulandari
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Dinas Kesehatan Barito Utara Bagikan Vitamin A