Gugatan Kepulauan Marshall atas Proyek Nuklir AS Dibatalkan Pengadilan Federal

share on:
Percobaan nuklir di Kepulauan Marshall pada tahun 1950 - panys.org
Percobaan nuklir di Kepulauan Marshall pada tahun 1950 – panys.org

Jayapura, Jubi – Gugatan Kepulauan Marshall untuk menghentikan penggunaan senjata nuklir terhadap Amerika Serikat (AS) telah dibatalkan oleh pengadilan federal AS.

Dilaporkan oleh Radio New Zealand, Hakim Pengadilan Federal AS yang berbasis di San Francisco Jeffrey White mengatakan pengadilan tidak memiliki alasan untuk menilai efektivitas negosiasi penghentian perlombaan senjata nuklir.

Sedangkan negara kepulauan di kawasan Pasifik ini berpendirian bahwa tidak adanya niat Amerika Serikat untuk menghentikan program senjata nuklir mereka telah memberikan bahaya bagi negara kecil ini. Belum lagi dengan kemungkinan negara-negara lainnya yang berlomba mengembangkan senjata nuklir mereka.

Dengan pemberhentian gugatan terhadap AS ini, saat ini tinggal tiga kasus serupa yang diajukan Kepulauan Marshall melawan Inggris, Pakistan dan India di Mahkamah Internasional di Den Haag.
Kepulauan Marshall sendiri sejak tahun 1946-1958 telah dijadikan lokasi percobaan senjata nuklir AS sebanyak 67 kali. (Victor Mambor)

Tags:
Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Gugatan Kepulauan Marshall atas Proyek Nuklir AS Dibatalkan Pengadilan Federal