Pertemuan Pemimpin Pasifik Maret 2015 Masih Diragukan

share on:
Direktur Program Melanesia Lowy , Jenny Hayward Jones - Twitter
Direktur Program Melanesia Lowy , Jenny Hayward Jones – Twitter

Jayapura, Jubi – The Lowy Institute for International Policy mengatakan mereka meragukan Pertemuan para pemimpin Pasifik dalam Pacific Leaders Meeting di Australia bisa dilangsungkan pada bulan Maret nanti.

Pertemuan khusus, yang terpisah dari pertemuan Pacific Forum, rencananya diselenggarakan oleh Australia atas permintaan Fiji untuk meninjau arsitektur regional sebelum membicarakan isu tersebut di Pasific Islands Forum (PIF).

Direktur Program Melanesia Lowy , Jenny Hayward Jones, Sabtu (7/2/2015) mengatakan meski Fiji sangat bernafsu agar pertemuan tersebut bisa dilangsungkan, namun hal ini masih terus didiskusikan oleh negara-negara Pasifik.
“Saya pikir Fiji memiliki kepentingan khusus dengan pemimpin lain. Apa yang mereka iinginkan dari forum dan apa yang diinginkan dari arsitektur kawasan. Dan saya pikir itu akan sangat menarik jika mendengar dari Australia dan negara lainnya apa yang mereka inginkan. Saya tidak melihat Fiji berada dibalik klaim regional yang mungkin saja membuat Australia dan Selandia Baru terdepak keluar dari Region Pasifik,” kata Jones.

Tapi menurut Jones, pertemuan para pemimpin Pasifik ini selalu menarik untuk dilihat seberapa banyak kompromi terjadi antara negara-negara kepulauan Pasifik ini sendiri atau dengan Australia. (Victor Mambor)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pertemuan Pemimpin Pasifik Maret 2015 Masih Diragukan