Pusat Sedang Perjuangkan Intensif Bagi Guru PAUD

share on:
Direktur PAUD Kementerian Pendidikan Nasional Herman Syamsudin (batik) Saat Berbicang Dengan Sekda Papua Heri Dosinaen dan Ny Yulce Enembe. Jubi/Alex
Direktur PAUD Kementerian Pendidikan Nasional Herman Syamsudin (batik) Saat Berbicang Dengan Sekda Papua Heri Dosinaen dan Ny Yulce Enembe. Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Mengingat masih rendahnya gaji para guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), saat ini Pemerintah Pusat sedang memperjuangkan semacam intensif untuk para tutor anak usia dini.

Direktur PAUD Kementerian Pendidikan Nasional Herman Syamsudin dihadapan para guru PAUD yang hadir dalam kegiatan pengukuhan Bunda PAUD kabupaten/kota, di Jayapura mengatakan jumlah guru PAUD di Indonesia sama banyaknya dengan guru TK.

“Tetapi Guru TK sudah selesai sertifikasi, tinggal guru PAUD yang kami sedang perjuangkan, sebab sekarang di kementerian pendidikan sudah ada Dirjen PAUD, maka kami harapkan kedepan ada intensif bagi guru PAUD,” kata Syamsudin, Selasa (10/2/2015).

Syamsudin mengaku, memperjuangan gaji guru PAUD merupakan sebuah tantangan berat. Untuk itu, dirinya berharap pemerintah provinsi dan kabupaten juga bisa memperhatikan nasib para guru-guru PAUD yang ada di wilayahnya.

Disamping itu, Syamsudin juga memberi apresiasi atas kebijakan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua yang mengalokasikan dana Otsus sebesar 80 persen untuk kabupaten/kota, dimana 30 persennya dialokasikan untuk pendidikan (lima persen untuk PAUD).

“Ada alokasi anggaran untuk PAUD di Papua, ini kebijakan yang sangat brilian dan tentu kami harapkan anggaran tersebut dapat digunakan dengan sebaik-baiknya,” kata Syamsudin.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinaen mengatakan kebijakan ini mungkin sesuai dengan daerah lain yang memiliki fasilitas yang memadai dan SDM yang cukup bagus serta kondisi geografis yang tidak berat, namun ketika diperhadapkan dengan Papua,semuanya menjadi satu tantangan yang luar biasa.

“Ini mudah-mudahan menjadi catatan Direktur PAUD Kementerian Pendidikan Nasional agar dalam era kepemimpinan saat ini ada kebijakan khusus untuk Papua,” kata Dosinaen. (Alexander Loen)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pusat Sedang Perjuangkan Intensif Bagi Guru PAUD