Warga Sorong Temukan Cek Milyaran Rupiah

share on:
Ilustrasi penimpuan.sidomuncul.com
Ilustrasi penimpuan.sidomuncul.com

Sorong, Jubi – Warga Kota Sorong dan sekitarnya sebaiknya berhati-hati terhadap modus penipuan baru yang nyaris menimpa Jerry Warpur, penduduk Kota Sorong. Sebuah amplop coklat yang berisi ‘surat berharga’ dan selembar cek BCA senilai Rp. 2,7 miliar ditemukan di jalan, ternyata adalah modus penipuan.

Jerry yang merupakan karyawan salah satu media cetak di Kota Sorong, Sorong Pos melintasi jalan depan asrama polisi (Aspol) Rabu (4/2/2015). Saat itu ia menemukan sebuah amplop coklat yang masih tertutup rapat di pinggir jalan tersebut.

Di amplop itu tertulis nama perusahaan, yakni ‘PT. Sumber Mitra Jaya’, lengkap dengan cap ‘secret document’. Perusahaan itu disebutkan beralamat di Jl. HR. Rasuna Said blok X-1, Kav. 1&2 Jakarta Selatan.

“Ternyata berisi selembar surat ijin usaha perdagangan (SIUP) yang dikeluarkan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi DKI Jakarta,” ujar Jerry, Minggu (8/2/2015).

Di dalam SIUP diuraikan agak terperinci tentang kegiatan usaha PT. Sumber Mitra Jaya, yakni bergerak di bidang perdagangan barang dan jasa. Dan terselip cek BCA senilai Rp 2,7 miliar yang sudah ditandatangani.

“Yang timbul dalam pemikiran saya ketika melihat semua surat adalah segera mengontak pemiliknya. Saya tidak mencurigai surat itu merupakan modus penipuan,” ujarnya. Jerry menelpon, namun tidak dijawab.

Keesokan harinya, Kamis pagi (5/2/2015), orang yang dihubungi itu menelpon Jerry. Dalam percakapan telepon, ia mengucapkan terima kasih karena surat-suratnya telah ditemukan. “Sebagai imbalannya, ia akan memberikan Rp 50 juta kepada saya, dengan syarat saldo minimal Rp 2 juta,” ucap Jerry.

Ia lalu menyuruh Jerry mengecek saldonya di ATM agar ia segera melakukan transfer giro “Saya berpura-pura ke ATM BRI. Saat itu, ia terus menelpon saya dan menanyakan apakah sudah berada di depan ATM.

Pada saat yang sama, Jerry bertemu temannya yang juga karyawan BRI Sorong dan menceritakan kejadian yang dialaminya. “Teman yang di BRI itu bilang, pada saat kita mengecek saldo dan memberitahukan kepada orang lain ketika mesin ATM masih membaca semua transaksi keuangan kita, maka orang yang mengetahuinya bisa memindahkan saldo kita ke saldo rekeningnya,” ujarnya.

Walau ditelpon berkali-kali namun Jerry memutuskan untuk pulang ke rumah. Ia segera membuka laptopnya dan mencari informasi di google. Ternyata, yang didapatkan sungguh mengejutkan: modus yang sama sudah pernah terjadi di daerah lain. (Nees Makuba)

 

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Warga Sorong Temukan Cek Milyaran Rupiah