Perempuan Papua Launching Koalisi Nasional Perempuan Papua Bersatu

share on:
Yakoba Lokbere, pendiri KNPPB bersama ketua dan Sekretaris saat bacakan surat tanda resmi dilaunchingnya KNPPB, 10/2/1015. Jubi/Arnold Belau
Yakoba Lokbere, pendiri KNPPB bersama ketua dan Sekretaris saat bacakan surat tanda resmi dilaunchingnya KNPPB, 10/2/1015. Jubi/Arnold Belau

Jayapura, Jubi – Bertempat di hotel Grand Abe, Selasa (10/2/2015) puluhan perempuan Papua telah melaunching sebuah lembaga yang bernama Koalisi Nasional Perempuan Papua Bersatu (KNPPB) yang di dalamnya terdapat perwakilan perempuan dari tujuh wilayah adat yang ada di tanah Papua.

Ketua KNPPB, Wati Kogoya, dalam sambutannya mengatakan, lembaga koalisi ini berdiri dari keprihatinan perjalanan hidup perempuan Papua yang penuh dengan tantangan yang berjalan dengan segala keterbatasannya untuk terus mempertahankan eksistensi harga dirinya sebagai perempuan.

“Perempuan Papua dengan segala keterbatasannya telah berdiri dengan kokoh, siap dan menyatakan saatnya perempuan Papua bersatu dan maju. Tinggalkan egoisme dan bersatu. Mulai dari pesisir hingga gunung-gunung. Harus bersatu padu dalam lembaga ini,” katanya.

Dikatakan oleh Wati, KNPPB adalah wadah resmi untuk tempat berkumpulnya perempuan Papua dari tujuh wilayah adat di tanah Papua untuk membahas dan berbicara mengenai hak-hak perempuan di tanah Papua dalam perjuangan mempertahankan harga dirinya berjuang untuk kesetaraan di semua lini di Papua.

Sementara itu, Yakoba Lokbere, pendiri KNPPB mengatakan, KNPPB sebagai organisasi massa perempuan yang beranggotakan individu-individu dari berbagai macam kelompok kepentingan untuk melakukan upaya-upaya sistematis dalam mewujudkan keadilan dan demokrasi dengan memperhatikan keterwakilan kelompok kepentingan dan wilayah.

Dalam proses mewujudkan keadilan dan demokrasi adalah sangat penting untuk selalu berpegang teguh pada nilai-nilai dan prinsip kejujuran, keterbukaan, transaparan dan persamaan setaraan, kebebasan kerakyatan, kemadirian, keberagaman, non sekretarian, non partisan, non kekerasan, berwawasan lingkungan dan solidaritas kepada rakyat kecil tertindas yang menjadi acuan organisasi.

“Saya sangat mengapresiasi wujud kehadiran semua ibu-ibu dari seluruh tanah Papua. Di mana perempuan di Papua dituntut untuk bukan menyaingi peran kaum laki tetapi kita kaum perempuan adalah penolong laki-laki,” kata Yakoba yang juga ketua Komisi V DPR Papua ini.

Selain itu, Ketua KPUD Kabupaten Jayapura, Lidia Mokoy mengatakan, Koalisi ini dimaksudkan untuk berbicara bagi semua perempuan yang ada di tanah Papua,baik perempuan Papua maupun perempuan pendatang yang ada di Tanah Papua. Sehingga melalui organisasi ini semua perempuan Papua bersatu untuk membangun jati diri perempuan Papua. (Arnold Belau)

 

 

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Perempuan Papua Launching Koalisi Nasional Perempuan Papua Bersatu