Salamander Sosialisasi Survei Seismik Blok West Bangkanai

share on:

Muara Teweh, Jubi/Antara – Perusahaan kontraktor minyak dan gas, Salamander Energy menggelar sosialisasi dan koordinasi survei seismik akuisii di Blok West Bangkanai di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah.

“Sosialisasi ini sebagai bentuk koordinasi SKK Migas terhadap kegiatan dari perusahaan dari Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) Salamander Energy yang akan melakukan kegiatan survei Seismik di Blok West Bangkanai,” kata Kepala Perwakilan SKK Migas Perwakilan Kalimantan dan Sulawesi (Kalsul) Yonin Kholison di Muara Teweh, Rabu (11/2/2015).

Blok West Bangkanai yang akan dilakukan survei itu berada di Kabupaten Barito Utara (Barut) dan Murung Raya, sedangkan Kalimantan Timur di Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Tengah. Survei seismik itu untuk mengetahui potensi dalam perut bumi Kalteng.
“Semoga kegiatan ini bisa memberi pemahaman dan bermanfaat bagi kita semua, terutama bagi pemerintah daerah dalam menghadapi rencana kegiatan Salamander ini,” kata Yonin.

Wakil Bupati Barut, Ompie Herby mengatakan, pada prinsipnya pemerintah daerah mendukung kegiatan Salamander Energy sebagai pengelola sumber gas alam di Kabupaten Barut sebagai pengembangan energi baru oleh pemerintah.

Sumber gas alam di Kabupaten Barut ini adalah sebagai bahan bakar pembangkit listrik tenaga gas sebagai upaya pemerintah menambah daya system kelistrikan baik di Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.
“Mencari potensi gas lanjutan merupakan sebagai cadangan gas nasional yang diharapkan dapat meningkatkan pendapatan secara nasional, serta diharapkan mampu meningkatkan pendapatan daerah dan berpartisipasi dalam membangun ekonomis masyarakat Barut,” katanya.

Dia berharap pihak Salamander Energy, sebelum melaksanakan berbagai tahapan kegiatan agar selalu berkoordinasi dengan instansi baik pemerintah daerah maupun pihak-pihak terkait.
“Kita juga berharap tetap menjaga kearifan lokal, sehingga dalam pelaksanaannya kegiatan dilapangan tidak terbentur permasalahan-permasalahan dari aspek sosial, dan lingkungan,” katanya.

Dia mengatakan, Kabupaten Barut memiliki berbagai potensi sumberdaya alam salah satunya adalah gas alam yang merupakan anugrah Allah Swt dan harus dikelola secara baik, berwawasan lingkungan dan berkelanjutan untuk kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.

Sosialisasi SKK Migas dan KKKS Salamander Energy ini perlu dilakukan sebagai sarana informasi, koordinasi dan singkronsiasi menyangkut kegiatan yang akan dilakukan, sehingga sinergis dan selaras dengan kebijakan pemerintah pusat dan daerah.
“Kehadiran Salamander Energy sebagai investor gas bumi di daerah Kabupaten Barut diharapkan dapat memberi manfaat dan berdampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat dalam rangka pembangunan berkelanjutan,” ujar Ompie. (*)

Editor : Victor Mambor
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Salamander Sosialisasi Survei Seismik Blok West Bangkanai