BTM: Tidak Ada Niat Membentuk Provinsi Tabi

share on:

Jayapura, Jubi/Antara – Wali Kota Jayapura Benhur Tommy Mano mengaku tidak berniat memprakarsai pembentukan daerah otonom baru Provinsi Tabi seperti yang diwacanakan oleh sejumlah kelompok orang belakangan ini.

“Saya adalah orang dari segi pemerintahan yang tidak menghendaki pembentukan provinsi itu (Provinsi Tabi),” kata Benhur Tommy Mano yang akrab disapa BTM, di Kota Jayapura, Papua, Rabu (11/2/2015).

Menurut dia, upaya mengajak sejumlah bupati di wilayah adat Mamberamo Tami bukan semata untuk memprakarsai pembentukan daerah otonom baru tersebut.

Tetapi, ingin mengajak kepala daerah dari Kabupaten Jayapura, Keerom, Sarmi dan Kabupaten Mamberamo Raya (Tanah Tabi) untuk bersama-sama menghadiri dan memeriahkan perayaan Injil masuk ke Tanah Tabi pada 10 Maret 2015.

“Saya ingin mengajak para bupati se-Tanah Tabi untuk merayakan masuknya Injil, karena saya menilai kami memiliki kesamaan adat istiadat dan budaya pesisir,” katanya.

Karena itu, jika dianggap hendak membentuk provinsi baru maka hal itu merupakan hal yang keliru.

“Kalau ingin membentuk provinsi baru, pasti hal itu sudah dilakukan pada beberapa tahun lalu, saat ada pertemuan dengan bupati, tokoh agama dan gereja di tanah Tabi, waktu di Pulau Metu Debi,” katanya.

BTM menegaskan bahwa Kota Jayapura merupakan bagian dari Provinsi Papua yang sudah menjadi ibu kota bagi puluhan daerah lainnya di provinsi paling timur Indonesia itu.

“Kota Jayapura merupakan bagian dari Provinsi Papua. Jadi, saya pribadi bagian dari aparat pemerintahan tidak menghendaki itu. Marilah kita bersama-sama membangun daerah agar lebih maju dan masyarakat bisa mendapatkan kesejahteraan,” katanya.

Sebelumnya, pada acara ramah tamah dengan insan pers di Kota Jayapura, BTM telah menegaskan tidak ada wacana pembentukan Provinsi Tabi, ketika akan mengajak kepala daerah yang ada di wilayah adat Mamberamo Tami untuk menghadiri dan memeriahkan perayaan Injil masuk pada 10 Maret 2015. (*)

Editor : Victor Mambor
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  BTM: Tidak Ada Niat Membentuk Provinsi Tabi