Bulan ini Gubernur Lantik Bupat Biak Numfor

share on:

Biak, Jubi/Antara – Gubernur Papua Lukas Enembe segera melantik dan mengambil sumpah jabatan Pelaksana Tugas Bupati Biak Numfor Thomas Alfa Edison Ondy menjadi bupati definitif menggantikan pejabat sebelumnya, Yesaya Sombuk, yang menjalani hukuman karena kasus korupsi.

Gubernur Papua Lukas Enembe di Biak, Kamis (12/2/2015) pagi, mengakui surat keputusan Mendagri tentang pengangkatan Bupati Thomas Ondy sudah diterima Pemerintah Provinsi Papua.

“Untuk waktunya saya sudah perintahkan staf di kantor gubernur untuk menjadwalkan waktu pelantikan Bupati Biak Thomas Ondy. Ya dalam bulan ini prosesi pengambilan sumpah/janji akan dilakukan gubernur atas nama Mendagri,” katanya.

Ia mengatakan dengan dilantiknya bupati definitif, maka roda pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan di Kabupaten Biak Numfor dapat berjalan kondusif, dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Dia berharap, berbagai elemen masyarakat di Kabupaten Biak Numfor dapat mendukung pelantikan Bupati Biak Thomas Ondy agar pelayanan pemerintah kepada masyarakat berjalan dengan lancar.

Menyinggung tempat pelantikan Bupati Thomas Ondy, kata Lukas Enembe, sesuai Perpu Nomor 1 tahun 2014 pada pasal 164 ayat 1 mengisyaratakan pelantikan bupati akan dilakukan di ibu kota provinsi.

“Ya apakah pelantikan bupati dibuat di Jayapura atau ada keputusan lain karena pertimbangan tertentu akan dikoordinasikan dengan pejabat terkait di biro pemerintahan dan biro hukum di Jayapura,” ujarnya.

Berdasarkan data, Pelaksana Tugas Bupati Biak Numfor Thomas Ondy mengendalikan roda pemerintahan sejak Oktober 2014 pasca vonis terhadap Bupati Yesaya Sombuk.

Yesaya divonis hukuman penjara 4,6 tahun oleh Pengadilan Tipikor Jakarta, setelah terbukti korupsi, dengan menerima suap dari pengusaha proyek pembangunan talud. (*)

Editor :
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Bulan ini Gubernur Lantik Bupat Biak Numfor