Penyidik Polres Merauke Mash Dalami Alur Penyaluran Raskin

share on:
Kasat Reskrim Polres Merauke, AKP Chandra. Jubi/Frans L Kobun
Kasat Reskrim Polres Merauke, AKP Chandra. Jubi/Frans L Kobun

Merauke, Jubi- Kasat Reskrim Polres Merauke, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Chandra mengungkapkan, pihaknya tidak serta merta menyimpulkan adanya penyelewengan Raskin milik masyarakat di Kampung Nasem, Distrik Merauke. Pihaknya harus mendalami terlebih dahulu alur peyaluran, sehingga lebih jelas.

Demikian disampaikan Chandra saat ditemui Jubi di ruang kerjanya Kamis (12/2). Dikatakan, pemerintah setempat maupun Bulog yang berkompeten dalam memberikan beras, akan dimintai keterangan juga, untuk menjadi bahan pengembangan lebih lanjut. “Saya kira pemerintah mempunyai mekanisme mulai dari pembayaran uang hingga pendistribusian Raskin di kampung-kampung,” ujarnya.

Sejauh ini, sudah empat saksi dimintai keterangan. “Memang pada awalnya, kasus dimaksud ditangani Polsek Kota. Khusus pemeriksaan terhadap Kepala Distrik Merauke, Hasan Matdoan, kata Chandra, sudah dilakukan di Polsek Kota. Tetapi nantinya penyidik di Polres, akan memanggilnya kembali untuk diperiksa dalam kapasitas sebagai saksi. “Ya, kita melakukan penyelidikan mulai dari awal lagi,”tutur dia.

Sejauh ini polisi masih melakukan pengembangan penyelidikan dengan meminta keterangan berbagai kalangan termasuk masyarakat dari Kampung Nasem. Karena mereka yang melakukan aksi demonstrasi dan memprotes jika Raskin sebanyak 17 ton belum diterima.

Chandra mengungkapkan, penyidik akan mengembangkan penyidikan kasus Raskin ke kampung lain. Untuk langkah awalnya adalah penyelidikan dari Nasem terlebih dahulu. Karena kemungkinan ada kampung lain yang belum menerima Raskin.

Kasubag Humas Polres Merauke, Iptu Richard Nainggolan menambahkan, proses penyelidikan membutuhkan waktu. Sehingga tidak serta merta langsung ditingkatkan ke penyidikan sekaligus menetapkan tersangka. “Kita butuh data pendukung lebih banyak termasuk keterangan para saksi,” katanya. (Frans L Kobun)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Penyidik Polres Merauke Mash  Dalami Alur Penyaluran Raskin