Belum Semua PNS Jayawijaya Ikut Program BPJS Kesehatan

share on:
Suasana sosialisasi BPJS Kesehatan bagi seluruh PNS di lingkungan Pemkab Jayawijaya. Jubi/Islami
Suasana sosialisasi BPJS Kesehatan bagi seluruh PNS di lingkungan Pemkab Jayawijaya. Jubi/Islami

Wamena, Jubi – Para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di pemerintah Kabupaten Jayawijaya belum seluruhnya mengikuti program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan.

Untuk itu, Sekda Kabupaten Jayawijaya, Yohanis Walilo menghimbau kepada seluruh pegawai di setiap SKPD pemerintahan Kabupaten Jayawijaya agar segera mengurus dan memiliki kartu BPJS kesehatan.

“Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) diwajibkan pemerintah untuk seluruh pegawai negeri sipil di mana wajib memilikinya, jadi siapapun dia pegawai negeri dijamin kesehatannya, alasannya gaji kita tiap bulan dipotong dua persen, baik sakit atau tidak sakit tetap dipotong,” ujar Walilo kepada wartawan usai sosialisai BPJS Kesehatan bagi seluruh PNS yang ada di setiap SKPD Kabupaten Jayawijaya, Senin (16/2/2015) di Gedung Ukumearek Asso Wamena.

Diakui Sekda, dengan diberlakukannya JKN ditambah dipotongnya dua persen gaji pegawai, maka diharuskan bagi setiap pegawai di pemerintahan Kabupaten Jayawijaya untuk dapat mengurus dan memiliki kartu BPJS.

“Kita tidak tahu sakit ini kapan saja kita bisa alami, jadi ketika kita ada kartu dan kita rujuk sampai jakarta kita bebas biaya karena sudah ditanggulangi negara”, kata Sekda.

Menurutnya, kartu BPJS sangat bermanfaat bagi seorang pegawai yang tidak mampu dan belum memiliki kartu berobat, sehingga dalam pengurusan kartu BPJS dirinya berharap kepada setiap pegawai agar dapat mengurusnya langsung di kantor cabang BPJS cabang Wamena.

“Persyaratannya tidak rumit untuk urus kartu BPJS, yang penting yang bersangkutan PNS agar konek dalam pengurusan nanti,” kata Sekda.

Ditambahkan, dalam pengurusan kartu BPJS sangat berkaitan dengan KTP elektronik, sehingga setiap pegawai yang belum mengurus KTP harus segera lakukan pengurusan KTP Elektronik karena berhubungan dengan Nomor Induk Pegawai (NIK).

Sementara itu kepala cabang BPJS kesehatan Wamena, Beni Siwabesi menuturkan, kegiatan sosialisasi yang dilakukan terhadap para PNS ini merupakan satu program BPJS dalam memberikan informasi tentang hak dan kewajiban bagi seluruh peserta BPJS di Jayawijaya.

“Dengan harapan bahwa seluruh PNS yang belum memiliki kartu BPJS kesehatan agar segera dapat mengurus kartu di kantor BPJS kesehatan supaya mereka dapat memperoleh pelayanan kesehatan di Puskesmas, dokter keluarga, rumah sakit maupun dapat mengkuti kegiatan promotif dan preventif lainya,” katanya. (Islami)

Tags:
Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Belum Semua PNS Jayawijaya Ikut Program BPJS Kesehatan