Fotografer Diperas pada Wisuda STIE Yapis

share on:
Mustofa Fotografer Jayapura Berpose di Depan Layar Miliknya Untuk Menawarkan Jasa Foto Kepada Wisudawan (Jubi/Roberth Wanggai)
Mustofa Fotografer Jayapura Berpose di Depan Layar Miliknya. Ia Menawarkan Jasa Foto Kepada Wisudawan – Jubi/Roberth Wanggai

Jayapura, Jubi – Sejumlah fotografer amatiran yang mencoba keberuntungan pada acara wisuda STIE Yapis Jayapura yang berlangsung di GOR Cenderawasih APO Jayapura-Papua, mengeluhkan pungutan liar (pungli) sebesar Rp 400 ribu per tenda oleh panitia wisuda..

Mustofa salah satu fotografer kepada Jubi, Rabu (18/2/2015) di GOR APO Jayapura mengeluhkan biaya yang dibebankan kepada dia dan rekan-rekan, sebesar Rp 400 ribu per terlalu tinggi.

Pemilik fotografer Jayapura itu kepada Jubi di GOR Cenderewasih APO Jayapura, mengatakan sudah sekitar enam tahun dia menjalankan profesinya itu, namun  kali ini dia merasa biaya yang dibebankan kepadanya dan rekan-rekan terlalu besar.

“Waktu tahun 2012 memang belum pernah ditagih. (tapi ada) artinya ditagih juga tapi untuk kebersihan. Tapi kali ini idenya pak Kasman panitia wisuda, itu tahun kemarin bayarnya Rp 300 ribu per layar. Namun tahun ini diminta Rp 400 ribu per layar. Kami tukang foto merasa diperas,” ungkap Mustofa lagi sembari mengatakan pihak panitia wisuda secara tertulis menegaskan hal itu.

Kendati dia menyanggupi untuk bayar, namun dia keberatan jika tidak ada kuitansi dan cap.

“Oke saya bayar tapi harus ada kuitansi dan cap. Sementara ini belum, tapi saya keberatan,”ungkap Mustofa sembari mengatakan ada sekitar 18 tenda fotografer yang siap melayani 766 wisudawan pada hari itu.

Anggota Bidang Audit Internal KONI Papua, Beny Yansenem merasa gerah dengan agenda tambahan yang dilakukan oleh panitia wisuda di GOR Cenderawasih APO Jayapura. Dia mengatakan yang dimaksudkan sewa gedung artinya tidak ada aktivitas transaksi lain.

“Tidak boleh, tidak ada transaksi, itu lain dengan sewa gedung. Kalau begitu, dinaikan sewa gedung dari lima juta rupiah ke atas. Lima juta rupiah tidak relevan lagi,”ungkapnya sembari menegaskan sewa gedung GOR dan sekitarnya disiasati dalam Perda Nomor 11 Tahun 2003. (Roberth Wanggai)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Fotografer Diperas pada Wisuda STIE Yapis