Gubernur Papua Panggil Bupati Mimika dan Yahukimo

share on:
Gubernur Papua, Lukas Enembe (kanan) Saat Berdiskusi Dengan Anggota KPU Papua - Jubi/Alex
Gubernur Papua, Lukas Enembe (kanan) Saat Berdiskusi Dengan Anggota KPU Papua – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Akibat belum juga melakukan pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) terpilih periode 2014-2019, Gubernur Papua Lukas Enembe akhirnya memanggil Bupati Kabupaten Mimika, Eltinus Omaleng dan Yahukimo Ones Pahabol.

Dalam pertemuan tertutup, yang dihadiri oleh pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua, Karo Pemerintahan, Kesbangpol, Karo Hukum, Kajati, Pangdam, Asisten I bidang Pemerintahan dan pihak Polda, Gubernur meminta agar kedua bupati tersebut untuk segera ajukan surat pengantar.

“Tadi memang saya meminta para bupati dan KPU saya terima sudah clear tinggal tanda tangan. Jadi segera ajukan pengantar bupati kepada gubernur,” kata Lukas Enembe kepada wartawan usai melakukan pertemuan tertutup, di Jayapura, Papua, Selasa (17/2/2015).

Enembe tegaskan, jika masih ada persoalan di kedua kabupaten yang belum melakukan pelantikan, itu menjadi urusan kabupaten. Karena semua tahapan dan proses sudah dilewati semua.

“Kami tidak persoalkan lagi masalah suara, pengalihan suara, dan pergantian suara, yang terpenting kami amankan keputusan final yang sudah dilalui dengan proses hukum (MK),” katanya.

Menanggapi itu, Enembe meminta Bupati Mimika dan Yahukimo untuk segera kirimkan surat pengantar agar bisa di proses. “Kami juga di desak dari pemerintah pusat,” ucapnya.

Dampak dari belum juga dilantik lantik, ujar Enembe itukan keamanan, untuk itu Kapolda, Panglima, Kejaksaan membantu untuk melihat persoalan ini sesuai aturan yang berlaku. “Kalau kita pake kita punya keinginan sendiri, ya kalau bupati salah salah pasti saya yang digugat. Apalagi kami sedang hadapi dua gugatan dan sedang di proses oleh tim hukum kami,” kata Enembe.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Mimika, Eltinus Omaleng mengatakan pihaknya pasti mengikuti apa yang sampaikan Gubernur Lukas Enembe. “Kami ini pasti ikut apa yang dikatakan pimpinan,” kata Omaleng. (Alexander Loen)

Tags:
Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Gubernur Papua Panggil Bupati Mimika dan Yahukimo