30 Pemain Seleksi ke Belanda Diumumkan Senin (23/2/2015)

share on:
Para pemain saat mengikuti tes terakir di Stadion Mandala Yang Selanjutnya Diambil 30 pemain ke Belanda (Jubi/Roberth Wanggai)
Para pemain saat mengikuti tes terakir di Stadion Mandala Yang Selanjutnya Diambil 30 pemain ke Belanda (Jubi/Roberth Wanggai)

Jayapura, Jubi – Seleksi pemain usia 19 tahun dari sekolah sepakbola (SSB) untuk dimagangkan ke sejumlah klub elit di Belanda, Sabtu (21/2/2015) berakhir.

Dari jumlah 484 atlet sepakbola yang mengikuti seleksi, nantinya hanya 30 pemain plus 10 cadangan yang akan dipilih. Nama-nama tersebut akan dikontrak oleh scouter (tim talent scouting) dari Belanda yang dipastikan, Senin (23/2/2015) tiba di Jayapura.
“Hari Sabtu kemarin merupakan seleksi terakhir bagi tim untuk menentukan pemain jadi. Pemain jadi ini berdasarkan data yang kita terima dari Belanda, harus 30 orang,” ujar Manajer Akademi Sepakbola Reliv Christa FC, Mesak Manibor di Stadion Mandala, Sabtu pagi. Dia juga menegaskan hari senin utusan dari KNVB (PSSI nya Belanda) tiba di Jayapura.
“Senin, scouter  dari Belanda sudah tiba di Jayapura. Itu dia sudah bisa menentukan siapa yang nanti dikontrak dan siapa yang tidak. Dia sudah bisa pastikan disini,” ungkap Bupati Sarmi itu kepada wartawan sembari mengatakan pemain asal Papua itu nantinya bisa dikontrak tim-tim di Belanda.

Alasan KNVB Belanda bidik Papua karena ternyata hanya sepakbola dari Papua yang bisa diandalkan.
“Oleh sebab itu ketika Belanda menetapkan Indonesia sebagai salah satu untuk merekrut pemain baru ke tim-tim dunia, maka mereka pastikan di Papua. Karena menurut mereka di Belanda, kalau mendapatkan pemain terbaik di Indonesia itu harus di Papua,” ujar Manibor lagi.

Alasan lainnya berangkat dari pengalaman jaman dulu, ternyata ketika Belanda ada di Papua ada pemain Papua yang bisa bermain bersama-sama dengan tim Belanda, semisal almarhum Barnabas Youwe.

Manibor mengatakan pengumuman nama-nama atlet sepakbola dipastikan hari Senin ini sudah dapat diumumkan.
“Dari 484 yang terdaftar hanya diambil 30 dan  10 cadangan. Setelah itu langsung  masuk TC selama dua bulan. Mereka TC sampai bulan April akhir, karena tanggal 30 kita sudah terbang dari Jakarta  menuju Amsterdam. Ranggal 2 Mei kita sudah harus berada di Schipol Belanda,” ungkap Manibor.

Kris Asmuruf salah satu pemuda yang ikut tes mengaku sudah siap mental jika tidak terpilih. Lelaki asal Sorong yang kini perkuat klub sepakbola Putra Pasific itu mengatakan akan kembali ke klubnya jika tidak dipilih.
“Tapi saya juga berharap untuk dipilih,” ungkapnya pemain yang sering bermain di posisi sayap kiri ini. (Roberth Wanggai)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  30 Pemain Seleksi ke Belanda Diumumkan Senin (23/2/2015)