Kata Mahasiswa, Masyarakat Merauke Pertanyakan Kemampuan Bupati Mbaraka

share on:
Aktivis Mahasiswa Uncen, Yason Ngelia. Jubi/Arnold Belau
Aktivis Mahasiswa Uncen, Yason Ngelia. Jubi/Arnold Belau

Jayapura, Jubi – Terkait masalah yang dihadapi tenaga medis di puskesmas pembantu Senayu, distrik Tanah Miring, kabupaten Merauke yaitu masalah penerangan, kata mahasiswa ini adalah kelalaian dari pemerintah kabupaten yaitu bupati Romanus Mbaraka.

Pasalnya, akhir-akhir ini bupati merauke banyak bicara di media dan mendesak rakyat asli merauke lebih mandiri. Padahal kalimat tersebut seharusnya rakyat asli Merauke yg mempertanyakan kemampuan bupati Mbaraka memimpin kabupaten itu.

“Soal fasilitas yang tidak memadai di Pustu Senayu adalah bukti nyata. Dan masyarakat asli di Merauke pertanyakan kemampuan bupati Romanus. Harusnya bupati lihat masalah yang paling urgent. Yaitu kesehatan dan pendidikan di Merauke,” kata Yason Ngelia, mahasiswa Uncen yang berasal dari Merauke, Minggu (23/2/2015)

Dikatakan, banyak kejanggalan yang terjadi di tanah papua ini adalah bukti bahwa pemerintah di Tanah Papua tidak mampu untuk mengelola dana Otsus yang jumlahnya triliunan rupiah untuk membangun dan mensejahterakan rakyat papua.

“Kalau terkait masalah minimnya fasilitas kesehatan masyarakat Papua pada umumnya atau kita di kabupaten Merauke pada khususnya tidak terlau kaget. Karena inilah kemampuan pemerintah Papua sebelum dan sesudah Otsus yang tidak pernah berubah,” jelas Ngelia.

Menurut dia, hal tersebut merupakan kegagalan dari bupati Romanus Mbaraka. Bupati Mbaraka baru-baru ini banyak bicara di media mendesak rakyat asli Merauke lebih mandiri. Padahal harusnya rakyat asli Merauke mempertanyakan kemampuan bupati Mbaraka memimpin kabupaten itu.

Sementara itu, menanggapi keluhan ini, bupati Merauke, Romanus Mbaraka mengatakan, pihaknya sudah membicarakannya dengan PLN dan sekaligus meminta jaringan arus listrik di beberapa kampung, distrik Tanah Miring dipasang. Sehingga warga dapat menikmati listrik pada malam hari.

“Dengan usulan yang disampaikan masyarakat di kampung Senanyu, tentu akan saya tindak lanjuti dengan melakukan komunikasi secara kontinyu bersama managemen PLN perwakilan Merauke lagi,” ujarnya. (Arnold Belau)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kata Mahasiswa, Masyarakat Merauke Pertanyakan Kemampuan Bupati Mbaraka