Wisatawan Asia Dominasi Kunjungan ke Sulteng

share on:

Palu, Jubi/Antara – Badan Pusat Statistik mencatat selama dua tahun terakhir wisatawan dari benua Asia mendominasi kunjungan ke Provinsi Sulawesi Tengah dibandingkan tamu asing lainnya.

Kepala BPS Provinsi Sulawesi Tengah JB Priyono di Palu, Selasa (24/2/2015), menyebutkan selama 2014, wisatawan dari Asia sebanyak 4.029 dari total 4.919 tamu asing yang berkunjung, atau sekitar 81,9 persen.

Sementara pada 2013, terdapat tamu Asia sebanyak 2.360 orang dari total pengunjung asing yang sebanyak 3.287, atau sekitar 71,8 persen.

Priyono mengatakan, tamu asing itu sebagian besar warga Tiongkok yang datang ke Sulawesi Tengah untuk keperluan urusan pekerjaan atau keperluan lainnya, selain untuk berwisata.

Dia memperkirakan tamu asing asal Benua Asia akan terus berdatangan mengingat saat ini diberlakukan Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Selain itu di Kota Palu dan beberapa daerah di Sulawesi Tengah banyak investasi asal Tiongkok, sehingga mempengaruhi kunjungan warga asal negeri Tirai Bambu tersebut.

Sejumlah investasi Tiongkok yang ada di Sulawesi Tengah antara lain pusat pemurnian logam (smelter) dan perusahaan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Kota Palu.

Tamu asing terbanyak kedua didominasi pengunjung asal Amerika dan Eropa sekitar 18 persen dan sekitar satu persen berasal dari Afrika dan Oseania.

Wisatawan asing asal Amerika dan Eropa itu sebagian besar berwisata di Kota Palu dan wilayah timur Sulawesi Tengah yang terkenal memiliki pemandangan alam memesona.

Destinasi wisata di Sulawesi Tengah antara lain Kepulauan Togean, Teluk Palu, Taman Nasional Lore Lindu, Pantai Tanjung Karang, situs megalitikum di Poso. (*)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Wisatawan Asia Dominasi Kunjungan ke Sulteng