Konawe Selatan Siapkan Komoditi Unggulan Desa

share on:

Andoolo, Jubi/Antara – Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, konsentrasi mempersiapkan komoditi unggulan setiap desa untuk meningkatkan daya saing daerah.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Desa (Bappeda) Konawe Selatan, Arsalim di Kendari, Minggu (1/3/2015), mengatakan, setiap desa di Konawe Selatan memiliki satu atau lebih komoditi unggulan dari sektor pertanian secara luas.

“Rakyat Konawe Selatan mumpuni karena di depan, belakang, samping kiri dan samping kanan rumah didukung lahan yang subur untuk pertanian, perikanan, perkebunan dan peternakan,” kata Arsalim.

Hanya rakyat malas atau bermasa bodoh yang akan menikmati kemiskinan dan kesengsaraan karena sekelilingnya tersedia potensi sumber daya alam yang melimpah, ujarnya.

Komoditi unggulan yang ditemukan di desa-desa Konawe Selatan, antara lain, padi sawah, kakao, merica, kacang tanah dan jambu mete. Sedangkan bidang peternakan meliputi ternak unggas, sapi dan kambing.

“Pemerintah telah memiliki peta potensi desa yang dapat digunakan oleh investor jika serius menanamkan modalnya. Kehadiran investor skala kecil dan besar bermanfaatkan bagi petani,” katanya.

Selain komoditi unggulan yang akan mendorong daya saing daerah, kata Arsalim juga pembangunan infrastruktur dasar, yakni jalan dan jembatan membutuhkan perhatian pemerintah setempat.

Musyawarah perencanaan dan pembangunan (Musrembang) merupakan sarana penerimaan informasi tentang hal-hal prioritas untuk dibangun di desa.

“Masukan dalam Musrembang diarahkan untuk mendorong pembangunan sektor pertanian, kesehatan dan pendidikan,” kata Arsalim. (*)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Konawe Selatan Siapkan Komoditi Unggulan Desa