Thomas Ondy Resmi Jabat Bupati Biak

share on:
Thomas Alfa Edison Saat Mengambil Sumpah Jabatan Sebagai Bupati Biak Dihadapan Gubernur Papua, Lukas Enembe - Jubi/Alex
Thomas Alfa Edison Saat Mengambil Sumpah Jabatan Sebagai Bupati Biak Dihadapan Gubernur Papua, Lukas Enembe – Jubi/Alex

Biak, Jubi – Thomas Alfa Edison Ondy resmi menjabat sebagai Bupati Kabupaten Biak Numfor, Papua menggantikan bupati sebelumnya Yesaya Sombuk yang terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi dan telah mempunyai kekuatan hukum tetap.

Pelantikan yang dilakukan langsung oleh Gubernur Papua Lukas Enembe, berlangsung di ruang sidang Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Biak Numfor, Senin (2/3/2015) disaksikan langsung oleh Forkompimda provinsi/kabupaten serta jajaran kepala distrik daerah itu.

“Dengan pelantikan ini, maka Bupati Thomas Ondy memiliki kewenangan penuh untuk pembangunan demi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Biak,” kata Gubernur Papua Lukas Enembe saat menyampaikan arahan.

Dengan memiliki bupati definitif, jelas Enembe, kedepan Pilkada di Kabupaten Biak akan dilakukan pada 2018. Dengan pelantikan ini, kekosongan jabatan dapat terisi. Jadi secara resmi Thomas Ondy menjadi bupati dan memiliki kewenangan penuh untuk mengkoordinir seluruh penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan masyarakat Biak.

“Dalam memimpin, saya minta bupati bisa menjaga wibawa pemerintah daerah dengan merangkul semua pimpinan SKPD, Forkompimda kabupaten serta stakeholder dalam membangun hubungan kerjasama antar koordinasi kerja dengan harmonis dalam rangka menyejahterakan hidup masyarakat sesuai visi misi gubernur Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera,” ucapnya.

Enembe sampaikan, saat ini pemerintah provinsi Papua sudah melakukan kebangkitan di semua lini dan tingkatan. Untuk itu, Bupati Biak harus bisa mengikuti irama pemerintah provinsi dengan harapan kedepan masyarakat Papua bisa lebih baik dan sejahtera.

“Saya selaku Gubernur Papua berharap semua pihak menghormati keputusan pemerintah provinsi dan pusat untuk menetapkan dan mengesahkan Wakil Bupati Biak menjadi Bupati Biak. Saya juga minta kepada seluruh masyarakat dan aparatur pemerintah dan keamanan di daerah ini untuk bekerjasama mendukung bupati dalam melaksanakan tugasnya,” kata Enembe.

Pada kesempatan itu juga, Lukas Enembe mengingatkan Bupati Biak Thomas Ondy untuk segera mendorong dan berkoordinasi dengan DPRD, pimpinan partai politik, pemerintah provinsi dan pusat untuk mengangkat wakil bupati yang saat ini masih kosong.

“Pengisian jabatan wakil bupati harus segera didorong, tetapi harus dilakukan dengan prosedur dan tata cara yang berlaku. Coba nanti baca undang-undang yang baru, jika dalam posisi seperti ini apakah nanti diusulkan oleh partai pemenang atau bagaimana,” ucapnya.

Usai pelantikan, Bupati Biak Thomas Ondy dihadapan Gubernur Lukas Enembe melakukan penandatanganan pakta integritas untuk tidak melakukan tindak pidana korupsi. (Alexander Loen)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Thomas Ondy Resmi Jabat Bupati Biak