Bupati Jayapura Sayangkan Perumahan Pemda Tidak Ditinggali Oleh PNS

share on:
Tampak perumahan pemda di Doyo baru yang saat ini banyak di gunakan oleh masyarakat yang bukan PNS. Jubi / Engelberth Wally
Tampak perumahan pemda di Doyo baru yang saat ini banyak di gunakan oleh masyarakat yang bukan PNS. Jubi / Engelberth Wally

Sentani, Jubi – Perumahan Pemda di Kabupaten Jayapura masih jarang ditempati oleh para pegawai di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Jayapura. Hal ini disayangkan oleh Bupati Kabupaten Jayapura.

“Lahan dan tempat sudah kami siapkan, bahkan ini sudah berjalan sejak pemerintahan yang lalu, pihak ketiga yang dipercayakan juga sudah bekerja maksimal untuk menyiapkan tempat tinggal yang layak bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) kita. Sangat disayangkan kalau semua telah disiapkan tapi tidak di tempati,” ujar Bupati Jayapura Matius Awoitau di ruang sidang DPR Kabupaten Jayapura usai mengikuti acara pembukaan sidang paripurna pertama, Rabu (4/3/2015).

Dikatakan oleh Matius, kedepan pihaknya akan melihat kembali sistem pengelolaan perumahan yang diberikan kepada PNS di lingkungan pemerintahannya. Hal ini dimaksud agar semua aktifitas terkait PNS harus dilakukan di wilayah dimana PNS tersebut bekerja.
“Masih banyak pegawai kita yang tinggal di luar Kabupaten Jayapura. Tentunya akan berdampak kepada pendapatan asli daerah, dimana gaji pegawai diambil atau di berikan oleh daerah ini tetapi kesehariaannya di luar Kabupaten Jayapura,” kata Bupati.

Hal ini sebelumnya sudah ditegaskan oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jayapura Edison Awoitau. Pihak DPRD akan mendorong penertiban PNS melalui satu peraturan daerah (Perda), sehingga benar – benar semua pegawai negeri sipil yang mengabdi dan bekerja di Kabupaten Jayapura tetap menikmati semua fasilitas yang ada didaerahnya dan memberikan kontribusi bagi pendapatan asli daerah.
“Kita memang memiliki fasilitas antar jemput yang tersedia bagi pegawai negeri sipil yang tinggal di Kota Jayapura dan sekitarnya. Dari sisi pendapatan asli daerah kita pasti kecolongan karena pegawai kita membelanjakan sebagian besar gaji mereka di luar Kabupaten Jayapura. Kita juga telah memiliki perumahan pemda yang harus di tempati oleh mereka sebagai pegawai di kantor ini. Namun sayang rumah tersebut malah diberikan kepada orang lain untuk di gunakan. Hal – hal ini yang akan kami benahi kedepan,” kata Edison Awoitau. (Engelberth Wally)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Bupati Jayapura Sayangkan Perumahan Pemda Tidak Ditinggali Oleh PNS