Dana Otsus Terkesan Proyeknya Para Penguasa

share on:
Anggota DPRD Kota Sorong Gusti Sagrim
Anggota DPRD Kota Sorong Gusti Sagrim

Sorong, Jubi – Anggota DPRD Kota Sorong Gusti Sagrim, menilai Dana Otsus merupakan proyek milik keluarga para penguasa di Kota Sorong. sebab dana Otsus tersebut bukan dijadikan solusi mensejahterakan orang Papua, tetapi dijadikan proyek.

Ini dibutkikan Sagrim dengan tidak transparannya penggunaan anggaran dana Otsus, yang belum menunjukan hasil yang maskimal “Ini akan menjadi komitmen kita untuk tetap mengawal dan mengawasi dana Otsus,” ujarnya Selasa (3/3/2015 ).

Menurutnya, pelaporanpenggunaan dana otsus di Papua Barat masih tidak transparan. “Kalau di Maybrat dan Tambrauw orang Papua jumlahnya masih 95 persen, jadi dana otsus mau dipakai atau mau bangun apa saja tetap yang menikmati sudah pasti orang Papua. Beda dengan di sini (Kota Sorong,red),” tambahnya.

Diharapkannya para pejabat yang duduk di provinsi serius melihat tentang hal ini supaya dana Otsus yang menjadi proyeknya para penguasa dalam penggunaan maupun pelaporanya dapat transparan.

Hal yang sama pernah diungkapkan oleh Auditor Utama Keuangan Negara VI Badan Pemeriksa Keuangan Negara VI Sjafrudin Mosii. Ia mengatakan sampai saat ini dana otsus sebenarnya belum dinikmati oleh orang Papua, sebab masih banyak Perdasi dan Perdasus dalam rangka Otsus itu yang belum tuntas sehingga dikatakan otsus memang belum berjalan dengan maksimal.

“Malah yang jelas itu adalah duitnya yang ada penambahan sebesar 2,5 persen dari DAU dan tambahan dana inprastruktur, hanya itu yang terasa tapi kekhususan lain apa?” katanya. (Nees Makuba)

Tags:
Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Dana Otsus Terkesan Proyeknya Para Penguasa