Wujudkan KTR, Pemkot akan Bentuk Perda

share on:
Soaialisasikan KTR kota jayapura-Jubi/Sindung
Soaialisasikan KTR kota jayapura-Jubi/Sindung

Jayapura, Jubi – Pemerintah Kota Jayapura akan membuat peraturan daerah Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Saat ini, larangan merokok di tempat-tempat tertentu masih berupa peraturan Wali Kota nomor 8 tahun 2014 tentang KTR. Kedepan pemkot akan membuat payung hukum yang lebih tinggi lagi.

“Kami bukan melarang merokok akan tetapi mengaturnya. Dan tentu perwal ini akan kita buatkan perda kedepan,” ungkap Mano dalam acara sosialisasi KTR, Selasa (3/2/2015) di aula Sian Soor Pemkot Jayapura.

Mano menegaskan tidak hanya 10 titik yang akan ditetapkan sebagai KTR, perlu juga dilakukan di tempat-tempat umum seperti Taman Imbi, Terminal dan Rumah Sakit dan lain sebagainya.

Sementara itu, Kadinkes Kota Jayapura, Arif Dwi Darmanto mengungkapkan bahwa sosialisasi tersebut merupakan sosialisasi keenam kalinya ke berbagai stakeholder mulai dari tokoh masyarakat, petugas kesehatan hingga tokoh agama.
“Inilah yang telah dilakukan pihak kami untuk memberikan pemahaman bahaya merokok. Dan kita akan susun Naskah Akademik guna penyusunan payung hukum yang lebih tinggi,” kata Arif.

Terkait untuk pelaksanaan KTR, Dinkes akan membuat sepuluh ruangan smoking area yang akan terbagi di beberapa titik di Kota Jayapura.
“Seperti di Kantor Pemkot tiga titik, Kantor Otonom tiga titik, BPPTSP dua titik, Kantor Dewan satu titik dan GOR Waringing satu titik,” ujarnya.

Selain itu akan dilakukan sosialisasi juga di sekolah/Distrik dan Kampung. (Sindung Sukoco)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Wujudkan KTR, Pemkot akan Bentuk Perda