Perda Harus Ditindak Lanjuti Dengan Kerja Nyata

share on:
Marshall Suebu, pemerhati lingkungan dan kesehatan Kabupaten Jayapura. Jubi / Engelberth Wally
Marshall Suebu, pemerhati lingkungan dan kesehatan Kabupaten Jayapura. Jubi / Engelberth Wally

Sentani, Jubi – Keprihatinan atas kondisi cagar alam Gunung Cycloop membuat DPRD Kabupaten Jayapura mengusulkan Raperda untuk melindungi kawasan cagar alam tersebut.

“Sebagai masyarakat umum dan pemerhati lingkungan, kita sangat berharap agar peraturan daerah tentang pengawasan cagar alam Cycloop bisa di tetapkan dan yang terpenting dapat diimplementasikan secara nyata,” ujar Marshall Suebu Ketua Club Pencinta Alam Hirosi Papua, di Sentani (5/3/2015).

Dirinya juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah dan DPRD yang telah dengan bijaksana memikirkan nasib lingkungan yang menjadi harapan hidup banyak orang.

Lanjutnya, kawasan cagar alam siklop sudah lama terpuruk, sejumlah daerah penyangga air yang semestinya tidak diami oleh manusia, kini sudah menjadi pemukiman masyarakat. Sepanjang tidak adanya peraturan daerah yang menjadi kekuatan dan ketetapan hukum maka dengan sendirinya kawasan hutan cagar alam menjadi rusak dan tidak akan berguna lagi.
“Sebagai pencinta alam dan pemerhati lingkungan telah berulang kali kita menyuarakan tentang hal ini, agar kita semua bisa menjaga daerah kawasan penyangga dan cagar alam. Sehingga dalam waktu – waktu yang akan datang daerah ini tetap asri dan nyaman bagi generasi dan ank cucu setelah kita yang hidup saat ini. Semoga saja peraturan daerah ini bisa menjadi kekuatan hukum yang bukan untuk di takuti tetapi dapat di jalankan oleh kita semua sebagai masyarakat,” harapnya.

Perda Kawasan Cagar Alam Siklop masuk dalam daftar priorotas pembahasan sejumlah Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang akan di bahas dalam sidang paripurna selama sepekan ini.
“Selain dua raperda inisiatif dewan, raperda rumah kos dan raperda hutan masyarakat adat, ada sejumlah raperda non apbd dari pihak eksekutif yang telah diusulkan dalam sidang ini. Termasuk didalamnya raperda tentang kawasan cagar alam cycloop,” kata Edison Awoitau Ketua DPRD Kabupaten Jayapura, belum lama ini. (Engelberth Wally)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Perda Harus Ditindak Lanjuti Dengan Kerja Nyata