YPPJ di Timika Akan Bangun Sekolah Berpola Asrama

share on:
kantor Yayasan YPPJ yang siap di fungsikan (Jubi/Istimewa)
kantor Yayasan YPPJ yang siap di fungsikan (Jubi/Istimewa)

Timika, Jubi – Yayasan Pendidikan Puncak Jaya (YPPJ) yang menaungi SMK St Ignatius, berencana membangun sekolah yang berpolakan asrama. Sekolah ini lebih memprioritaskan bagi anak-anak Amungme dan Kamoro.

Ketua Yayasan Pendidikan Puncak Jaya, Ignatius Adii mengatakan dalam waktu dekat ini pihaknya akan mulai membangun bangunan mandiri. Bangunan yang rencananya berada di Kampung Kamoro Jaya (SP 1) merupakan pengembangan dari SMAK St. Ignatius yang berada di SP1.

“Bangunan ini akan dibangun di SP1 Timika, yang nantinya lebih memprioritaskan anak-anak Amungme dan Kamoro,” ujar Ignatius Adii, di Timika, Jumat (6/3/2015).

Ia mengharapkan anak-anak Amungme dan Kamoro yang beragama Katolik diharapkan mulai mendaftarkan diri, karena pihaknya membatasi pendaftaran hanya untuk 30 sampai 60 siswa.

“Kami akan memberikan bantuan pendidikan siswa, bagi siswa yang keluarganya tidak mampu. Bantuan ini berasal dari Kementerian Agama, yang akan diberikan kepada para siswa nanti,” katanya.

Ignatius juga menjelaskan, sekolah yang berpola asrama tersebut akan menghasilkan kualitas lulusan yang bermutu. Lulusan sekolah ini, tidak harus menjadi biarawan atau biarawati. Tetapi bisa bekerja pada bidang kerja lain. “Sekolah ini akan mencetak sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas di bidang keagamaan. Namun lulusannya tidak harus menjadi biarawan atau biarawati,” lanjutnya.

Ignatius yang juga sebagai Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Mimika mengatakan, sesuai dengan himbauan FKUB sebelumnya berharap bagi yayasan maupun organisasi Kristen Protestan serta Hindu dan Budha, dapat juga membangun sekolah serupa yakni sekolah yang berciri khas keagamaan dan berpola asrama.

“Pendirian sekolah ini dirasa penting dalam rangka menyiapkan generasi muda Mimika yang berkarakter kuat berbudi pekerti luhur. Serta memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang berguna bagi masa depan mereka, baik bagi keluarga dan bagi kemajuan daerah ini,” ujarnya.

Seorang Warga Masyarakat, Martha berharap lembaga pendidikan juga memberikan perhatian kepada mutu dan kualitas dari sekolah, sehingga tetap konsisten membangun sumber daya manusia. (Eveerth Joumilena)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  YPPJ di Timika Akan Bangun Sekolah Berpola Asrama