Bandara Mopah Merauke Akan ‘Didandani’ Lagi

share on:
peninjauan
Menhub RI, Ignantius Jonan saat meninjau Pelabuhan Merauke. Jubi/Frans L Kobun

Merauke, Jubi-Menteri Perhubungan Republik Indonesia (RI), Ignatius Jonan mengatakan, wilayah di dalam Bandara Mopah-Merauke baik fasilitas maupun pendukung lain untuk menunjang penerbangan agar berjalan lancar, akan ‘didandani.’

Demikian disampaikan Menhub saat ditemui sejumlah wartawan saat melakukan peninjauan di dalam ruangan Bandara Mopah Minggu (8/3/2015). Saat dilakukan peninjauan, Menhub didampingi oleh Bupati Merauke, Romanus Mbaraka, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat, Kanizia Mekiuw serta para Muspida.

Dijelaskan, berbagai kekurangan yang ada di dalam area atau wilayah bandara, akan tetap menjadi perhatian pemerintah pusat untuk dilakukan perbaikan. Tentunya pembangunan juga tidak dilakukan sekaligus, tetapi secara bertahap.

Pemerintah pusat, lanjut Menhub, mempunyai komitmen sangat besar untuk membangun berbagai infrastrukur untuk kepentingan masyarakat di Papua, sesuai apa yang disampaikan Presiden RI, Joko Widodo.

Dalam kunjungannya ke Merauke selama kurang lebih dua jam itu, selain meninjau di dalam Bandara Mopah, Menhub juga melakukan peninjauan terhadap Pelabuhan Merauke. Selama setengah jam, Menhub berdialog bersama pejabat Pelni, Kesyahbandaran serta Pelindo.

Bupati Merauke, Romnanus Mbaraka dalam kesempatan itu meminta agar keberadaan tiga pelabuhan udara yakni di Kimaam maupun Waan, agar ditinjau kembali. Karena selama ini masuk dalam wilayah operasi Kabupaten Mappi. Padahal, itu adalah daerah Merauke.

Menanggapi itu, Menhub mengatakan, pihaknya akan mengkaji dan meninjau kembali beberapa bandara di daerah pedalaman yang selama ini masuk di kabupaten lain. “Ya, saya akan kaji kembali, setelah mendapatkan laporan resmi dari Bupati Merauke,” ujarnya. (Frans L Kobun)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Bandara Mopah Merauke Akan ‘Didandani’ Lagi