Bocah Enam Tahun Meninggal Tertembak Senpi Oknum TNI

share on:
Ilustrasi Penembakan - Jubi/IST
Ilustrasi Penembakan – Jubi/IST

Jayapura, Jubi – Seorang bocah berusia enam tahun bernama Novan meninggal dunia akibat tertembak Senjata Api (Senpi) milik oknum TNI AD, Batalyon  Yalet 755 Marauke. Peristiwa itu terjadi di ruang tunggu maskapai Sriwijaya Air di Bandara Mopah, Merauke, Senin (9/3/2015). Penyebab tertembaknya korban, diduga karena kelalaian oknum TNI ketika akan mengosongkan Senpi.

Kabid Humas Polda Papua, Komsaris Besar (Pol) Patrige Renwarin mengatakan, kejadian sekira pukul 08:40 WIT. Selain menyebabkan Novan meninggal dunia, insiden itu juga mengakibatkan ayah korban, Sugino (32 tahun) kritis akibat tertembus peluru di bagian dada.

“Informasinya, oknum anggota TNI itu merupakan perwakilan Batalyon  Yalet 755 di bandara. Ia melaporkan senpi FN Ka Bekang atas nama Letnan Kolonel (TNI) Joko Pitoyo yang mau berangkat ke Jayapura. Ia kemudian mengosongkan senjata itu,” kata Patrige, Senin (9/3/2015).

Katanya, untuk memastikan senjata itu sudah benar – benar kosong, oknum TNI tersebut menembakkan senjata ke arah dinding tripleks yang jadi pembatas ruangan Maskapai Sriwijaya Air. Saat ia menarik platuk senjata, ternyata masih ada amunisi yang tersisa dalam senjata.

“Senjata meletus. Amunisinya menembus dinding, dan mengena dada Sugiono, serta anaknya Novan yang ketika itu ia gendong. Sugiono dan anaknya merupakan penumpang tujuan Merauke – Jogja. Kasus ini ditangani POM AD,” ucapnya.

Sementara Komandan Resort Militer (Danrem) 174/Anim Ti Waninggap Merauke, Brigjen (TNI) Supartodi membenarkan kejadian itu. Katanya, itu murni kelalaian oknum TNI tersebut.

“Prajurit itu mau mengsongkan senjata, tapi tiba – tiba meletus. Itu kelalaian. Tapi akan diperiksa dulu. Saya belum bisa katakan apa sanksinya. Jadi sampai kini dia masih diperiksa di POM dan masih menunggu hasil pemeriksaan,” kata Brigjen (TNI) Supartodi kepada wartawan via teleponnya. (Arjuna Pademme)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Bocah Enam Tahun Meninggal Tertembak Senpi Oknum TNI