Bupati Jayapura Lantik Sejumlah Kepala Kampung di Wilayah Pembangunan II dan III

share on:
Bupati Jayapura ketika memasang tanda jabatan bagi sejumlah kepala kampung. Jubi / Engelberth Wally
Bupati Jayapura ketika memasang tanda jabatan bagi sejumlah kepala kampung. Jubi / Engelberth Wally

Sentani, Jubi – Kampung adalah wilayah pemerintahan yang otonom, dalam posisi ini kampung harus mampu menentukan masa depannya sendiri, oleh karena itu dalam pelantikan sejumlah Kepala Kampung yang akan bekerja beberapa tahun kedepan dapat memahami posisinya masing – masing, demikian disampaikan oleh Bupati Jayapura Matius Awoitau mengawali sambutannya usai melantik sejumlah Kepala Kampung di wilayah pembangunan II dan III, Senin (9/3/2015) di Aula lantai dua Kantor Bupati Gunung merah Sentani.

Masih dari sambutannya, Awoitau menjelaskan agar seluruh kepala kampung dapat menterjemahkan apa yang menjadi kepentingan masyarakat dan disinergikan dengan program pemerintah di kampung masing – masing.

“Kepala kampung harus bertanggung jawab apabila pelayanan kesehatan, pendidikan, ekonomi produktif, pembinaan olahraga bagi genarasi muda, pembinaan umat, termasuk pelayanan kepada tokoh – tokoh adat dan masyarakat tidak berjalan dengan baik di kampungnya,” kata Bupati.

Ditegaskannya, Kepala Kampung sudah tidak lagi datang mengurus proyek atau berfoya – foya sampai membuka rumah kosnya sendiri di kota, apabila sampai kedapatan seperti itu maka yang bersangkutan langsung akan di cabut hak dan kewenangannya sebagai kepala kampung dan digantikan dengan orang yang benar – benar bertangung jawab dan mau mengurusi kampungnya.

Mengakhiri sambutannya, Bupati Jayapura sangat berharap agar dukungan dan partisipasi masyarakat yang telah memilih kepala kampungnya secara demokrasi dapat berjalan bersama dengan kepala kampung yang telah di pilih untuk menjalankan semua program yang tersusun dalam Rencana Pembangunan Kampung yang telah disepakati bersama.

Di tempat yang sama usai pelantikan tersebut, satu – satunya wanita yang dipilih menjadi Kepala Kampung adalah Ratna Domila Wadi yang adalah Kepala Kampung Ibub Distrik Kentuk, kepada Jubi mengatakan bahwa sejak terpilih pada Agustus 2014 dan telah menjalankan beberapa program yang diturunkan oleh pemerintah daerah di kampungnya. “Selama ini hanya kaum pria yang menjadi kepala kampung tetapi tidak banyak yang dilakukan untuk merubah wajah kampung Ibub sesuai dengan harapan masyarakat, ini tekad saya kedepan,” katanya.(Engelberth Wally)

Editor : dominggus a mampioper
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Bupati Jayapura Lantik Sejumlah Kepala Kampung di Wilayah Pembangunan II dan III