Jika Tim Penyelidik Tak Maksimal, DPRP Minta Pembentukan KPP HAM

share on:
Anggota Komisi I DPR Papua, Laurenzus Kadepa - Jubi/Arjuna
Anggota Komisi I DPR Papua, Laurenzus Kadepa – Jubi/Arjuna

Jayapura, Jubi – Pihak Komisi I DPR Papua bidang Politik, Hukum, dan HAM meminta Komnas HAM RI memberi rasa keadilan terhadap korban dan keluarga korban penembakan di Paniai pada awal Desember 2014 lalu. Pihak parlemen setempat menyarankan Komnas HAM membentuk KPP HAM, jika hasil investigas Tim Penyelidik Paniai tak sesuai harapan korban dan keluarganya.

Anggota Komisi I DPR Papua, Laurenzus Kadepa mengatakan, sejak awal, masyarakat Paniai dan sejumlah kalangan termasuk aktivis HAM di Papua menginginkan pembentukanKomisi Penyelidik Pelanggaran Hak Asasi Manusia (KPP HAM). Namun ternyata, yang dibentuk justru Tim Penyelidik kasus Paniai.

“Masyarakat ingin yang dibentuk adalah KPP HAM, bahkan mereka ingin masalah itu ditangani PBB. Kalau hasil tim investigasti tak maskimal, Komnas HAM harus segera bentuk KPP HAM, untuk mengungkap siapa pelaku penembakan. Masalahnya sudah jelas. Ada korban, ada amunsi, dan pasti ada pelaku,” kata Laurenzus Kadepa kepada Jubi, Senin (9/3/2015).

Menurutnya, sejak dulu, setiap masalah yang terjadi di Papua, menguap begitu saja. Negara hanya berjanji kepada masyarakat akan menyelesaikan masalah, tapi tak ada buktinya. Katanya, negera harus mempertanggungjawabkan janji kepada warganya. Para korban adalah warga negara, dan mereka menuntut adanya keadilan.

“Saya juga minta Komnas HAM tak menunda-nuda paripurna Komnas HAM untuk pembahasan hasil investigasi Tim Penyelidik Kasus Paniai yang sudah turun ke lapangan beberapa waktu lalu. Itu akan meresahkan para korban dan keluarga korban,” katanya.

Sementara Ketua Tim Penyelidik Paniai, yang juga Komisioner Komnas HAM RI, Manager Nasution mengatakan, pihaknya berencana menparipurnakan hasil investigasi kasus Paniai pada April mendatang.

“Kami belum menparipurnakan hasilnya. Rencananya akan diparipurnakan pada April 2015, karena masa kerja tim tiga bulan,” kata Nasution via pesan singkatnya kepada Jubi. (Arjuna Pademme)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Jika Tim Penyelidik Tak Maksimal, DPRP Minta Pembentukan KPP HAM