Pangdam Lakukan Penanaman Perdana Jagung Bersama Masyarakat di Megapura

share on:
Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Fransen G Siahaan ketika melakukan penanaman perdana di Kampung Megapura, Jayawijaya. Jubi/Islami
Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Fransen G Siahaan ketika melakukan penanaman perdana di Kampung Megapura, Jayawijaya. Jubi/Islami

Wamena, Jubi – Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XVII/Cenderawasih, Mayor Jenderal TNI Fransen G Siahaan melakukan penanaman perdana jagung bersama masyarakat di Kampung Megapura, Distrik Asolokobal, Kabupaten Jayawijaya, Senin (9/3/2015).

Penanaman perdana Jagung tersebut dihadiri Bupati Jayawijaya, Wempi Wetipo beserta para forum komunikasi pimpinan daerah Jayawijaya, para petinggi Kodam XVII/Cenderawasih serta Ketua Persit.
Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Fransen G Siahaan mengatakan, penanaman perdana jagung ini sebagai tindaklanjut program pemerintah pusat dalam hal swasembada pangan di Indonesia, khususnya di Kabupaten Jayawijaya.

“Penanaman perdana ini dalam rangka pencanangan swasembada pangan oleh Presiden Joko Widodo dan ditindaklanjuti oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) bersama Kementerian Pertanian, di seluruh kawasan Indonesia demi kebutuhan pangan masyarakat,” kata Pangdam.

Hal ini merupakan instruksi KASAD untuk membantu pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota dan para kelompok tani, dengan memberdayakan Babinsa di tengah-tengah masyarakat.

“Sehingga, dengan program pemerintah pusat dalam kurun waktu tiga tahun ke depan seluruh kawasan di Indonesia termasuk di Papua terwujud swasembada pangan,” kata jenderal TNI bintang dua tersebut.

Dalam kesempatan itu juga, Panglima Kodam menyerahkan beberapa unit alat pertanian kepada beberapa kelompok tani di Kampung Megapura, Distrik Asolokobal yang akan digunakan dalam berkebun dan hasilnya dapat dinikmati masyarakat.

Pangdam juga menambahkan, meski program nasional telah mengintruksikan mengenai swasembada pangan dengan menanam jagung, padi juga kedelai, namun tidak mengesampingkan makanan atau pangan lokal yang biasa ditanam oleh masyarakat khsusunya di pegunungan tengah.

“Memang keinginan Bapak Presiden adalah masyarakat dapat menanam padi, jagung dan kedelai dalam memenuhi kebutuhan hidup mereka, namun kami juga tetap mendukung pangan lokal di Jayawijaya ini secara khusus dan pegunungan tengah umumnya dalam menanam ubi jalar dan sebagainya,” ujarnya.

“Kami tetap mendukung dengan apa yang ditanam masyarakat di pegunungan tengah ini seperti ubi, semua itu demi adanya ketahanan pangan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari,” tambahnya. (Islami)

 

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pangdam Lakukan Penanaman Perdana Jagung Bersama Masyarakat di Megapura