26 Siswa SD Katolik Santa Maria Siap Ikut US

share on:
Kepala Sekolah  SDK Santa Maria Timika, Maria Novita Lesomar,S.ST.Par (Jubi/Istimewa)
Kepala Sekolah SDK Santa Maria Timika, Maria Novita Lesomar,S.ST.Par (Jubi/Istimewa)

Timika, Jubi  –  Sekolah Dasar Katolik (SDK) Santa Maria Timika, saat ini tengah mempersiapkan 26 siswa kelas VI yang sudah masuk dalam daftar pokok pendidikan (Dapodik)  untuk mengikuti ujian sekolah (US). Persiapan yang dilakukan berupa les tambahan, penambahan jam belajar dan try out.

Kepala Sekolah  SDK Santa Maria Timika, Maria Novita Lesomar,S.ST.Par, mengatakan, untuk mempersiapkan 26 siswa kelas VI yang akan menghadapi US nanti, pihaknya telah berkoordinasi dengan para orang tua murid.

“Program-program yang kami rencanakan sudah berjalan sejak masuk semester dua, tepatnya Januari lalu. Program yang diberikan berupa les tambahan, penambahan jam belajar, dan try out,” ujar Maria Novita Lesomar, di Timika, Senin (9/2).

Lanjutnya, untuk pelaksanaan les tambahan akan dilakukan sampai April mendatang. Sekolah melakukan jadwal tersebut, karena pihaknya masih berpatokan pada pedoman tahun lalu, yang mana pelaksanaan US pada bulan Mei. Namun sampai saat ini, pihak sekolah belum menerima informasi yang pasti kapan pelaksanaan US. Walaupun demikian, pihaknya sudah melakukan persiapan-persiapan berupa pemberian les tambahan yang dilakukan di luar jam sekolah dan memperbayak soal-soal sesuai dengan mata pelajaran yang diujikan nanti.

Sementara untuk pelaksanaan try out sendiri, Maria menjelaskan, dilakukan dua kali. Try out pertama, sudah dilaksanakan pada Februari lalu. Dari hasil pelaksanaan try out yang pertama, dijadikan bahan evaluasi oleh guru pengajar. Sedangkan untuk try out yang kedua akan dilakukan pada 16 Maret nanti.
“Kami melaksanakan try out kedua bersama dengan SMP. Ini karena SDK Santa Maria merupakan satu atap dengan SMPK Santa Maria. Dengan melakukan berbagai upaya ini, diharapkan hasil dari US bisa lebih optimal,” ungkapnya.

Wakil Kepala Sekolah SDN 3 Timika, Yacoba Siahaya,S.Pd, mengatakan, dalam rangka mempersiapkan ujian nasional di SDN 3 Timika peranan orang tua dalam pengawasan anak di rumah itu sangat penting. Mulai dari jam istirahat, kesehatan, waktu belajar pada malam hari, juga waktu anak saat bermain semua itu harus dalam pengawasan orang tua yang baik.

“Materi mata pelajaran UN diberikan dan dibekali guru di sekolah. Tetapi persiapan dan pengawasan orang tua di rumah untuk mengulang kembali apa yang telah di berikan di sekolah ikut menentukan keberhasilan siswa saat UN,” kata Siahaya. (Eveerth Joumilena)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  26 Siswa SD Katolik Santa Maria  Siap Ikut US