Topan Pam Hentikan Kapal-Kapal Vanuatu

share on:
Pelabuhan Port Vila, Vanuatu - Victor Mambor
Pelabuhan Port Vila, Vanuatu – Victor Mambor

Jayapura, Jubi – Semua kapal di Vanuatu diminta untuk tetap bersandar di pelabuhan. Sedangkan nelayan di Fiji diperingatkan untuk tidak melaut dalam minggu ini karena Topan Pam bergerak mendekati pulau-pulau di negara-negara pasifik selatan ini.

Pusat Perkiraan Cuaca Fiji di Nadi, menyebutkan Topan Pam ini bermula di kawasan timur Kepulauan Solomon dan bergerak ke arah tenggara di perairan antara Vanuatu dan Fiji.
“Pusat Topan tropis Pam 985hpa kategori 2 dianalisa berada di kordinat 9.2S 170.4E atau 1200km barat laut Nadi pada jam 9.00 hari ini. Topang bergerak ke arah tenggara dengan kecepatan 08km/jam and diperkirakan berada 750km dari barat daya Nadi pada kamis malam,” tulis Pusat Perkiraan Cuaca Fiji yang disebarkan kepada masyarakat Fiji melalui media sosial, Selasa (10/3/2015) pagi.

Pemerintah Kepulauan Solomon juga telah mengingatkan warganya bahwa hujan deras, angin kencang dan gelombang besar di laut akan terjadi dalam 24 jam ke depan.

Meskipun cuaca dilaporkan tenang di Port Vila, pelayaran dari Port Vila dan dari Luganville ditahan sampai pemberitahuan cuaca lebih lanjut.

Otoritas cuaca Fiji mengatakan meskipun topan ini tidak menimbulkan ancaman langsung ke Fiji tetapi mulai besok hingga Jumat akan ada hujan lebat dan badai di laut.

Otoritas cuaca maupun penanggulangan bencana alam di tiga negara ini, telah memperingatkan kemungkinan terjadinya banjir bandang untuk daerah-daerah yang rawan banjir di masing-masing negara. (Victor Mambor)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Topan Pam Hentikan Kapal-Kapal Vanuatu