Komisi II DPR Papua Ingatkan Pemprov Bangkitkan Ekonomi Kerakyatan

share on:
Anggota Komisi II DPR Papua, Pendis Enumbi - Jubi/Arjuna
Anggota Komisi II DPR Papua, Pendis Enumbi – Jubi/Arjuna

Jayapura, Jubi – Komisi II DPR Papua bidang ekonomi mengingatkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) setempat membangkitkan ekonomi kerakyatan di setiap kabupaten/kota di Papua.

Anggota Komisi II DPR Papua, Pendis Enumbi mengatakan, sejumlah Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov Papua tak bisa mengelolah anggaran sebaik mungkin.

“Padahal, visi misi Gubernur Papua, Lukas Enembe dan wakilnya, Klemen Tinal, sudah sangat jelas. Papua Bangkit, Mandiri, dan Sejahtera. Termasuk meningkatkan ekonomi kerakyatan. Bagaimana mau bangkit kalau ekonomi kerakyatan tak berkembang. Masyarakat bagaimana mau dapat penghasilan,” kata Pendis Enumbi, Rabu (11/3/2015).

Katanya, negera kuat jika sektor ekonomi juga menjanjikan. Jika suda begitu, masyarakat dengan sendirinya akan sejahtera. Makanya, sektor ekonomi harus diperkuat. Ia berharap, SKPD terkait bisa menjalankan program gubernur dengan menyiapkan lahan berbasis ekonomi kerakyatan. Misalnya peternakan, perkebunan, dan pertanian.

“Itu kunci utama membangun ekonomian masyarakat Papua. Selain itu SKPD harus bisa menerapkan anggaran APBD sesuai pagu anggaran. Kami akan hearing dengan SKPD terkait dan meminta penjelasan penerapan anggaran APBD, apakah sudah sesuai pagu anggaran,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Komisi II DPR Papua Deerd Tabuni juga mengatakan hal serupa. Katanya, ekonomi masyarakat perlu jadi prioritas untuk dikembangkan.

“Jika ekonomi rakyat Papua baik, orang tua bisa membiayai keluarga dan menyekolahkan anaknya. Saya berharap Gubernur Papua menjadikan ekonomi program prioritas, bukan cadangan,” kata Tabuni kala itu. (Arjuna Pademme)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Komisi II DPR Papua Ingatkan Pemprov Bangkitkan Ekonomi Kerakyatan