Puskesmas Biak Siagakan Ruang Rawat Inap Persalinan

share on:

Biak, Jubi/Antara – Manajemen Puskesmas Biak Kota, Kabupaten Biak Numfor, Papua, pada tahun 2015, menyiagakan ruang rawat inap 24 jam bagi ibu melahirkan dengan proses persalinan normal.

Kepala Puskesmas Rewang Naftali di Biak, Rabu (11/3/2015) mengakui penyediaan fasilitas ruang persalinan pasien melahirkan dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Biak dan sekitarnya.

“Untuk persalinan normal bisa dilakukan di Puskesmas, namun jika pasien membutuhkan operasi harus dirujuk ke rumah sakit umum daerah Biak,” ujar Rewang.

Ia berharap dengan disediakan ruang pelayanan ibu melahirkan dapat mempermudah jangkauan pelayanan Puskesmas karena berada di pusat jantung Kota Biak.

Menyinggung fasilitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Biak, menurut Rewang, secara perlahan terus dibenahi pemkab melalui Dinas Kesehatan setempat.

“Puskesmas Biak Kota masih membutuhkan tambahan kendaraan ambulance dalam rangka mendukung operasional ruang rawat inap 24 jam,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Petrus Yapen mengingatkan jajaran aparatur kesehatan meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di berbagai kampung dan distrik.

Program peningkatan kesehatan, menurut Petrus Yapen, sangat menjadi kebutuhan dasar warga sehingga petugas medis harus selalu siaga memberikan pelayanan di tempat bekerja Puskesmas dan Pusat Kesehatan Kampung.

“Untuk infrastruktur pelayanan kesehatan secara perlahan akan dipenuhi pemerintah sesuai kebijakan dan kebutuhan di lapangan,” katanya. (*)

Editor :
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Puskesmas Biak Siagakan Ruang Rawat Inap Persalinan