BNN: Puluhan Siswa di Papua Konsumsi Narkoba

share on:

Jayapura, Jubi/Antara – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Papua menemukan sebanyak 34 siswa SMA/SMK di Kabupaten Jayapura, Keerom, Mimika dan Kabupaten Mareuke mengonsumsi narkoba jenis ganja, opium, ekstasi dan sabu-sabu.

“Kita mengambil sampel urine di SMA/SMK yang ada di Kabupaten Jayapura, Jayapura, Keerom, Mimika dan Merauke,” kata Kepala Bidang Pencegahan BNNP Papua, Eko Purnomo Tunyanan di Jayapura, Rabu (11/3/2015).

“Misalnya, sampel urine yang kita diambil kita di Mimika itu kan seribu lima puluh pelajar,” kata Eko.

Dari jumlah sampel yang diambil di Mimika, kata Eko, terdapat 14 orang siswa yang ditemukan mengkonsumsi opium, sabu dan ekstasi.

Sedangkan di Kabupaten Keerom, lanjut dia, dari seribu lima puluh sampel urine yang diambil, BNN Papua menemukan 10 orang siswa mengkonsumsi ganja.

Sementara di Kabupaten Merauke, dari 640 orang pelajar yang diperiksa urine-nya, ditemukan satu orang siswa menggunakan ganja.

Kemudian di Kabupaten Jayapura, dari 248 orang pelajar yang diambil urine-nya lalu diperiksa, delapan orang ditemukan mengkonsumsi ganja dan satu orang mengkonsumsi sabu-sabu.
“Sampel urine yang diambil di Kabupaten Merauke Kabupaten Jayapura dilakukan ditahun 2014,” ujarnya.

“Kalau sampel dilakukan untuk siswa sekolah di Kabupaten Mimika dan Keerom itu dilakukan ditahun 2013,” ujarnya lagi.

Dia menambahkan, tes urine yang sama terhadap siswa masih akan dilakukan ditahun ini.
“Tahun ini kita sementara koordinasikan dan siapkan program itu pemeriksaan tes urine kepada siswa tapi kita tidak bisa memberitahu kemana sasaran tesnya dilakukan,” katanya. (*)

Editor : Victor Mambor
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  BNN: Puluhan Siswa di Papua Konsumsi Narkoba