DOB Mapia Raya, Ilegal dan Cacat Hukum

share on:
Mahasiswa Dogiyai, Rabu, (11/03/2015/Ernest-Jubi)

Jayapura, Jubi—Mahasiswa asal Dogiyai menyimpulkan daerah otonomi baru (DOB) Mapia Raya yang sedang diperjuangkan Bupati Kabupaten Dogiyai, Thomas Tigi bersama bersama timnya adalah illegal dan cacat hukum.

Kesimpulan ini mahasiswa asal Dogiyai usai mengadakan diskusi bersama di Aula Bhayangkara II,  Jayapura, pekan ini.

“Bupati bersama timnya itu tidak memenuhi kriteria. Baik dari segi hukum, filsafat budaya maupun dari segi sosiologis dan politiknya tidak memenuhi kriteria untuk dimekarkan dari Dogiyai. Kebijakan ini sama sekali tidak akan pernah mendapatkan pengakuan dan persetujuan dari semua elemen masyarakat dan Gereja,” ujar perwakilan mahasiswa, Modetus Musa Boma.

Lanjutnya, rencana pembentukan DOB Mapia Raya itu dilakukan secara paksa oleh Bupati Thomas, terutama tim pemekaran yang dipimpin oleh Paskales Butu dan Kepala Dinas Pencatatan Sipil Wilem Kegiye.

“Telah terbuktinya kegagalan pembangunan Dogiyai dalam berbagai aspek merupakan percikan-percikan api campur asap dari keempat penyebab utama tersebut. Ini harus dilawan dengan kebenaran,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua RPM Simapitowa Fransiskus Tebay dkk mengatakan, pemerintah daerah belum punya niat dan komitmen yang baik dalam membangun Dogiyai. Hal ini paling kelihatan ketika pemerintah menunjukkan ketidakmampuan untuk membangun alam dan manusia Dogiyai.

“Selama delapan tahun, pemerintah daerah belum bikin sesuatu yang baik dari dan untuk Dogiyai. Bupati dan tim pemekaran itu telah mengambil jalan potong (jalpot) untuk mengamankan diri mereka di atas kedalaman kemelaratan rakyat,” katnya.

Lanjut Tebay, penolakan mahasiswa ini dinyatakan setelah ada kesepakatan bersama dengan Tokoh agama, Tokoh adat, pemuda, intelektual, perempuan dan tokoh pelajar yang telah menyatakan menolak tegas atas pemekaran Mapia Raya. Jauh sebelumnya, Gubernur Papua Lukas Enembe.SIP,MH dengan tegas telah menolak kebijakan pemekaran tersebut.(Ernest)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  DOB Mapia Raya, Ilegal dan Cacat Hukum