Merlan Uloli :Ingin Valid Pakai KTP el

share on:
Ilustrasi Pemilukada (IST)
Ilustrasi Pemilukada (IST)

Jayapura, Jubi – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Jayapura mengaku seharusnya data pemilih Pilkada didasarkan kepada jumlah pemilik KTP Elektronik KTP-el).

“Dengan KTP-el, kita berikan bukti by name and by address, jadi pilkada nanti bisa memotong anggaran untuk pengadaan undangan,” ujar Merlan Uloli, kepada Jubi, Rabu (11/3/2015) siang.

Terkait dengan adanya polemik pengunaan data pemilih dalam pilkada serentak antara menggunakan data lama atau data KTP-el, Merlan berharap hendaknya pemerintah nantinya menggunakan data pemilih dari KTP- el saja.

Meski saat ini pendataan KTP-el belum beranjak dari kisaran 49 persen capaian jumlah pemilik KTP-el di Kota Jayapura tapi kedepan hingga tahun 2016 akan lebih banyak data yang masuk.
“Ini terus bertambah dari data terakhir kita sebanyak 413 ribuan yang telah dibersihkan dari 491 ribu identitas ganda tahun lalu,” ujarnya.

Dikutip Pikiran Rakyat Online, Pemerintah memastikan tidak akan menggunakan data KTP-el dalam penyusunan daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada Serentak 2015. DPT yang digunakan adalah DPT lama, disesuaikan dengan kondisi terkini.
“Rencana awal KTP-el tuntas 2014. Pemilihan legislatif dan presiden menggunakannya akan tetapi nyatanya hingga sekarang belum selesai,” ujar Tjahyo Kumolo, Kemendagri. (Sindung Sukoco)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Merlan Uloli :Ingin Valid Pakai KTP el