Uang Mengalir ke Penggali Emas di Kepulauan Solomon

share on:
Penambang emas di Guadalcanal, Kepulauan Solomon - Copyright Matthew Allen, January 2015.
Penambang emas di Guadalcanal, Kepulauan Solomon – Copyright Matthew Allen, January 2015.

Jayapura, Jubi – Radio New Zealand melaporkan sekitar 200 orang di Kepulauan Solomon telah mendirikan kamp-kamp di pertambangan terbuka tambang emas Ridge di Guadalcanal dan telah mengambil alih produksi emas di tambang itu.

Para penambang lokal di tambang tersebut bertemu dan berbicara dengan peneliti Australian National University, Matthew Allen, selama perjalanan ke tambang pada bulan Februari lalu.

Dr Allen yang sedang belajar ekonomi politik pertambangan di Melanesia dan saat ini berada di Bougainville mengatakan perempuan yang tinggal di sekitar tambang mengaku saat ini mereka mendapatkan lebih banyak uang jika dibandingkan dengan waktu-waktu sebelumnya sejak tambang itu beroperasi.
“Para wanita benar-benar senang karena sejak tambang tersebut ditutup akses ke pit jauh lebih mudah bagi mereka. Penutupan tambang ini telah menyediakan akses langsung ke uang tunai yang dapat mereka gunakan untuk hal-hal seperti biaya sekolah, biaya berobat dan sebagainya,” kata Dr. Allen.

Dr. Allen menambahkan para penambang menggunakan metode yang sangat sederhana dalam mencari emas di tambang tersebut. Mereka menggali bijih emas dan mencucinya di sungai menggunakan astroturf untuk menangkap emas.

Dia juga mengatakan satu keluarga dapat menghasilkan rata-rata lima gram emas per hari yang mereka jual ke dealer emas lokal seharag US$22 per gram. Harga ini merupakan penghasilan besar untuk standar Kepulauan Solomon. (Victor Mambor)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Uang Mengalir ke Penggali Emas di Kepulauan Solomon