Masyarakat Enggros Biasa Hadapi Gelombang Laut dan Angin Kencang

share on:
Orgenes Merauje, Kepala Kampung Enggros. Jubi/Arnold Belau
Orgenes Merauje, Kepala Kampung Enggros. Jubi/Arnold Belau

Jayapura, Jubi – Kepala Kampung Enggros, Kota Jayapura, Papua, Orgenes Meraudje mengatakan masyarakat di kampung Enggros biasa menghadapi angin kencang dan gelombang laut.

“Angin kencang yang saat ini terjadi di Jayapura, sudah diprediksi oleh masyarakat di Kampung Enggros. Karena dalam kalender adat Enggros sudah ada. Dan masyarakat sudah tahu. Sekalipun anak kecil, dia tahu bahwa hari ini sedang terjadi apa,” kata Meraudje kepada Jubi di Enggros, Jumat (13/3/2015) kemarin.

Menurur Meraudje, kalaupun angin kencang, gelombang dan ancaman lainnya, masyarakat sudah bisa mengatasinya. Sebab masyarakat sudah biasa dan tahu. Secara turun temurun pelajaran dilakukan oleh nenek moyang orang Enggros.

“Kamu biasa lihat. Rumah yang dibangun oleh orang Enggros sudah dengan perhitungan matang. Karena dan tidak pernah tinggi. Ia dilakukan dengan hitungan berdasarkan yang matang,” katanya.

Maka itu, meskipun sudah biasa, Meraudje meminta supaya masyarakat mewaspadai angin yang sedang terjadi di kota Jayapura.

“Teutama kalau ada seng dan papa rumah yang longgar dan mudah tercabut, saya minta agar warga bisa memperbaikinya. Agar kemungkinan yang tidak kita inginkan tidak terjadi,” himbaunya.

Sementara itu, salah satu Mama yang tidak mau disebutkan namanya mengaku sangat takut dan khawatir dengan angin yang beberapa hari terakhir di Kota jayapura.

“Yang saya takutkan adalah cuman saat menyeberang ke darat dan kembali ke kampung naik speed. Karena kadang angin terlalu kencang sehingga perahu motor bisa goyang. Itu yang sangat dikwatirkan,” katanya.  (Arnold Belau)

Editor : dominggus a mampioper
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Masyarakat Enggros Biasa Hadapi Gelombang Laut dan Angin Kencang