Implementasi UU Desa, Tiap Kampung Kota Jayapura Terima Rp 550-650 Juta

share on:
bimtek APBK dan RPJMK di 14 Kampung se-Kota Jayapura- Jubi/Sindung
bimtek APBK dan RPJMK di 14 Kampung se-Kota Jayapura- Jubi/Sindung

Jayapura, Jubi -Direktorat Jenderal Pemerintahan Desa Kelurahan Kemendagri RI, Eko Prasetyanto Purnomo Putro memperkirakan setiap kampung di Kota Jayapura akan menerima kurang lebih dana Rp 550-650 juta pada April mendatang.

“Saya tidak hafal secara pasti ya, untuk UU Desa kurang lebih Rp 250 juta dan Anggran Dana Desa (ADD) akan menerima kurang lebih Rp 300 – 400 juta/ kampung,” kata Eko saat dikonfirmasi usai Bimtek Pendampingan dan Fasilitasi Penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Kampung (APBK) dan Rancangan Program Jangka Menegah Kampung (RPJMK) Tahun 2016 Bagi Aparatur Pemerintahan Kampung Se Kota Jayapura di Aula Sian Soor, Senin (16/3/2015).

Eko mengatakan pelaporan ini akan didasarkan dengan penyaluran dananya di tiga tahap yang ada, dan secara resmi pihaknya kampung juga akan melaporkan dua kali pada tiap bulan Juli dan Januari kepada Walikota Jayapura. ” Dana ini akan disesuaikan dengan jumlah desa yang ada,”katanya.

Sementara itu, Walikota Jayapura, Benhur Tommy Mano meminta stakeholder terkait untuk menyiapkan aparat dengan baik. “Tugas BPMPK harus siapkan administrasi dengan baik, karena ini uang besar. Sehingga tidak tumpang tindih dengan program yang telah ada,” katanya.
Terkait dengan belum adanya sekretaris atau Bendahara di tingkat kampung, Kepala BPMPK Kota Jayapura akan meminta kepada Bagian Pemerintahan untuk segera mengisinya. “Meski tidak menjadi prioritas lagi dari PNS menjadi sekretaris akan tetapi orang umum tentu bisa sebab Sekretaris harus ada mereka untuk kedepannya,” katanya.

Terkait dengan besarannya dana yang diterima, Daniel Mano mengungkapkan itu berdasarkan dengan luas wilayah, jumlah penduduk dan jumlah orang miskin. (Sindung Sukoco)

Editor : dominggus a mampioper
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Implementasi UU Desa, Tiap Kampung Kota Jayapura Terima Rp 550-650 Juta