Bupati Merauke Panen Perdana Kedelai di Kampung Kartini

share on:
panen kedelain
Bupati Merauke, Romanus MBaraka dan pejabat lain sedang panen kedelai di Kmapung Kartini, Distrik Jagebob. Jubi/Frans L Kobun merauke,

Merauke, Jubi- Bupati Merauke, Romanus Mbaraka didampingi Danrem 174/ATW, Brigjen (TNI) Supartodi bersama sejumlah kepala dinas di lingkungan pemerintah setempat, melakukan panen perdana kedelai di Kampung Kartini, Distrik Jagebob. Panen perdana kedelai itu, disaksikan oleh ratusan masyarakat dari beberapa kampung.

Kepala Distrik Jagebob, Sofyan Matdoan dalam laporannya Selasa (17/3/2015) mengatakan, lahan seluas 50 hektar itu, adalah hasil kerja dari masyarakat sendiri. Warga didampingi Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Merauke, membuka lahan kedelai.

Dijelaskan, lahan di kampung-kampung di Distrik Jagebob, sangat menguntungkan untuk pengembangan kedelai. Dengan kegiatan panen perdana itu, akan memotivasi para petani untuk terus membuka lahan dalam jumlah lebih luas lagi.

Lanjutnya, masyarakat membutuhkan perhatian dari pemerintah terutama berbagai peralatan untuk menunjang dan mendukung pembukaan lahan, agar kegiatan pertanian, dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Bupati Merauke, Romanus Mbaraka dalam sambutannya mengungkapkan, secara umum, kampung-kampung di Distrik Jagebob, sangat cocok untuk pengembangan kedelai serta karet. Pemerintah tidak tinggal diam dengan berbagai usaha yang telah dirintis warga.

Dengan kegiatan panen perdana kedelai ini, demikian Bupati Merauke, diharapkan memotivasi petani untuk terus membuka lahan dalam areal yang lebih luas lagi. Karena jenis tanaman ini sangat menguntungkan untuk dikembangkan di kampung-kampung di distrik itu.

Ditambahkan, tugas pemerintah, memberikan perhatian terhadap berbagai infrastruktur baik jalan maupun jembatan. Sementara warga, perlu memacu diri untuk terus bekerja dengan membuka lahan pertanian lebih luas lagi. Tentunya tidak hanya setengah atau satu hektar lahan ditanami kedelai, tetapi harus dalam areal lebih luas.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke, lanjut bupati, akan siap memfasilitasi termasuk untuk penjualan sampai ke luar daerah. Tinggal saja bagaimana motivasi dan kesadaran masyarakat untuk membuka lahan. “Kita semua harus kerja dan kerja. Tidak boleh mengharapkan bantuan terus dari pemerintah,” katanya. (Frans L Kobun)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Bupati Merauke Panen Perdana  Kedelai di Kampung Kartini