UNDP Akan Bantu Pemilu di Bougainville

share on:
Presiden Pemerintah Otonom Bougainville Dr John Momis - Victor Mambor
Presiden Pemerintah Otonom Bougainville Dr John Momis – Victor Mambor

Jayapura, Jubi – United Nations Development Programme (UNDP) di Papua Nugini (PNG)menjanjikan dukungan kepada Pemerintah Otonomi Bougainville (ABG) dalam melaksanakan pemilu mendatang.

Inisiatif baru ini merupakan tindak lanjut dari permintaan pemerintah PNG dan Bougainville untuk dukungan pemilu dari PBB dalam pemilihan umum di Bougainville yang dijadwalkan berlangsung pada bulan Juni nanti.

“Proyek ini akan menyediakan dukungan koordinasi para pengamat, dukungan untuk membangun resolusi sengketa pemilu, pelatihan bagi calon peserta pemilu, partai dan media dan dukungan tinjauan pasca-pemilu,” kata Kepala Sekretariat ABG Monovi Amani, seperti dilaporkan oleh EMTV PNG, awal pekan ini.

Monovi Amani menambahkan, pemerintah PNG menyambut baik dukungan untuk pelaksanaan pemilu yang transparan dan kredibel.

Pemilu mendatang dianggap sangat penting karena akan menandai awal masa referendum yang disepakati dalam Perjanjian Perdamaian Bougainville.
Perdana Menteri PNG, Peter O’Neill telah meyakinkan rakyat Bougainville bahwa pemerintahnya memiliki komitmen kuat untuk memberikan layanan yang mereka inginkan.

Pekan lalu, O’Neill telah menandatangani daftar resolusi dengan Presiden Pemerintah Otonom Bougainville Dr John Momis di Arawa, PNG. Penandatanganan resolusi ini dipandang oleh sebagaian pengamat sebagai usaha yang paling signifikan sejak perjanjian damai Bougainville ditandatangani. Resolusi ini mendukung masa referendum Bougainville untuk menentukan status otonomi dari tahun 2015 hingga 2020.

“Meskipun struktur otonomi adalah hal baru dan menantang kita dan ada penundaan yang tidak perlu dalam transfer kekuasaan, kami berkomitmen untuk melihat kemajuan yang substansial,” kata O’Neill. (Victor Mambor)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  UNDP Akan Bantu Pemilu di Bougainville