BNNK Tes Urine Pejabat Pemkab Bone Bolango

share on:

Gorontalo, Jubi/Antara – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNP) Bone Bolango melakukan tes urine ke 43 pejabat struktural di lingkungan pemerintah kabupaten (Pemkab) setempat, untuk mengantisipasi dampak penyalagunaan bahan berbahaya itu.

Tes urine tersebut juga diikuti oleh Wakil Bupati, KIlat Wartabone, dan Sekretaris Daerah, Ishak Ntoma, Rabu (18/3/2015).

“Tes urine ini merupakan salah satu program pemerintah daerah, dan juga sebagai tindak-lanjut dari pernyataan BNNP terkait adanya dugaan sejumlah PNS sudah terlibat pemakaian narkoba,” kata wakil bupati.

Sebelumnya, BNN Provinsi Gorontalo sempat merilis di media massa bahwa ada sebanyak 16 PNS di Pemkab Bone Bolango terindikasi kuat terlibat pemakaian narkoba dan sementara dalam penyelidikan optimal.

Tes urine ini dilakukan kepada para pejabat di Bone Bolango, karena pihaknya ingin membuktikan apakah benar atau tidak pernyataan dari BNNP di media massa itu.

“Kalau ini terbukti benar ada keterlibatan PNS, maka kita akan melakukan tindakan disiplin berat kepada PNS pengguna narkoba tersebut. Tapi kalau itu tidak benar, maka ini adalah hak jawab Pemkab Bone Bolango terhadap apa yang menjadi bahan pemberitaan di media massa tersebut,” tegasnya.

Langkah tes urine ini juga, lanjut wakil bupati, yakni sebagai upaya mencegah dan memastikan para pejabat terbebas dari penyalahgunaan narkoba.

Pemkab juga sudah menerima hasil sementara bahwa ada tiga pejabat berdasarkan hasil tes urine tersebut diindikasi positif, namun perlu ada lagi pemeriksaan lanjutan.

“Memang ada 3 pejabat yang disinyalir berdasarkan hasil tes urine itu. Tentunya Pemkab dan BNNP atau BNNK Bone Bolango serta Kasat Narkoba akan mengundang dulu dan mengecek yang bersangkutan untuk memperdalam hasil temuan dari tes urine ini,” katanya. (*)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  BNNK Tes Urine Pejabat Pemkab Bone Bolango