Dinas Pertanian Jayapura Siapkan 23 Kelompok Tani

share on:

Jayapura, Jubi/Antara – Dinas Pertanian Kota Jayapura tengah menyiapkan sebanyak 23 kelompok tani bukan hanya untuk musim panen pertama dan kedua pada 2015 tapi juga untuk mendukung program swasembada padi nasional yang ditetapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Kelompok tani yang disiapkan untuk menggarap lahan hingga memanen untuk musim tanan pertama dan kedua berjumlah 23 kelompok yang beranggotakan sebanyak 10 hingg 20 orang,” kata Kepala Dinas Pertanian Kota Jayapura, Jean Hendrik Rollo, di Jayapura, Rabu (18/3/2015).

Rollo menjelaskan kelompok yang disiapkan akan fokus menanam padi setiap tahun di areal lahan persawahan yang ada di Jayapura kecuali di Koya Timur. Lahan di Koya Timur masih diwanti-wanti tidak ditanami karena ada beberapa lahan yang airnya masuk ke sawah namun tak bisa keluar.

Lahan tersebut, lanjut Rollo, tak bisa diolah menjadi lahan padi karena akan mengganggu proses produksi. Lahan tersebut tidak bisa membuahkan hasil karena air yang masuk ke sawah tak bisa keluar.

Menurut dia, kini pihaknya mengarahkan kelompok tani setiap tahunnya untuk mengelola lahan pertanian secara rutin di kawasan Koya Barat. “Kelompok tani yang disediakan rutin mengolah lahan pertanian di wilayah Koya Barat,” katanya.

Selain kelompok tani padi, kata Rollo, Dinas Pertanian Kota Jayapura juga tengah menyiapkan 10 kelompok penangkar benih yang juga menyebar di beberapa lokasi pertanian di Jayapura.

Rollo menambahkan pihaknya akan terus meningkatkan produksi padi di Jayapura sejalan dengan pencanangan beberapa lokasi di Kota Jayapura sebagai penghasil padi. Hal itu merupakan bentuk dukungan terhadap program pemerintah pusat mewujudkan swasembada pangan yang sudah dicanangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Penanaman padi dilakukan untuk mendukung sekaligus menyukseskan program swasembada padi nasional yang telah dicanangkan Presiden Jokowi. Itu yang sementara kita upayakan di Kota Jayapura,” katanya. (*)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Dinas Pertanian Jayapura Siapkan 23 Kelompok Tani