KA Probowangi Anjlok Berhasil Dievakuasi 7,5 Jam

share on:

Surabaya, Jubi/Antara – Kereta Api Probowangi jurusan Banyuwangi ke Surabaya yang anjlok di antara Stasiun Waru Sidoarjo dan Stasiun Wonokromo Surabaya pada Selasa (17/3) sekitar pukul 21.43 WIB berhasil dikembalikan ke rel setelah 7,5 jam dilakukan upaya evakuasi.

“Tepat pukul 05.05 WIB, kereta api sudah dievakuasi dan roda kembali pada posisi rel sebelumnya,” ujar Kepala Humas PT KAI Daerah Operasional 8 Soemarsono ketika dikonfirmasi, Rabu (18/3/2015) pagi.

Pihaknya mengaku sampai saat ini masih belum bisa memastikan penyebab anjloknya satu as kereta pada gerbong makan yang tepat berada di belakang lokomotif tersebut.

“Yang jelas kereta langsung mendapat perbaikan di Sidotopo dan rodanya memang sudah ada yang harus diganti,” katanya.

Kejadian tersebut sempat membuat perjalanan KA lainnya terganggu dan penumpang terlantar sehingga harus melanjutkan perjalanan menggunakan kendaraan umum, namun tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

“Lokasi anjloknya hanya beberapa ratus meter dari stasiun. Penumpang juga sudah sepi. Kami juga mohon maaf atas kejadian ini,” katanya.

Sedangkan terkait terganggunya perjalanan KA, Soemarsono menjelaskan ada tiga KA lainnya yang harus menambah waktu tempuh dari waktu normal sekitar 2 hingga 2,5 jam karena harus berputar terlebih dahulu.

“KA yang terganggu diarahkan ke jalur Tulangan atau kalau dari Surabaya ke arah Mojokerto. Pas di Stasiun Tarik, lokomotif harus diputar menuju arah Sidoarjo. Di sana diputar lagi ke arah Malang atau Jember,” ucapnya.

KA yang terganggu perjalanannya adalah KA Mutiara Timur jurusan Surabaya ke Jember dan Banyuwangi, KA Jayabaya dari Jakarta ke Malang lewat Surabaya, serta KA Penataran terakhir dari Malang ke Surabaya.

“Pagi ini sudah normal kembali jam keberangkatannya. Tadi tepat pukul 05.15 WIB sudah bisa dilintasi kembali jalur yang menjadi lokasi anjloknya kereta api,” katanya. (*)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  KA Probowangi Anjlok Berhasil Dievakuasi 7,5 Jam