Polda Papua Barat Butuh Helikopter

share on:
Kapolda Papua Barat, Brigadir Jenderal (Pol) Paulus Waterpauw - Jubi/Arjuna
Kapolda Papua Barat, Brigadir Jenderal (Pol) Paulus Waterpauw – Jubi/Arjuna

Jayapura, Jubi – Pihak Polda Papua menyatakan, salah satu yang kini dibutuhkan kepolisian setempat adalah helikopter. Sarana udara itu untuk menunjang aktivitas polisi dalam melakukan patroli pemantauan di wilayah hukum mereka.

Kapolda Papua Barat, Brigadir Jenderal (Pol) Paulus Waterpauw mengatakan, hal itu sudah ia sampaikan ketika pertemuan dengan pihak Komisi III DPR RI di Polda Papua, Rabu (18/3/2015).

“Ketika Komisi III DPR RI minta masukan, kami menyampaikan perlu juga sarana udara. Karena itu lebih efektif, efisian dan daya jangkaunya lebih luas. Apalagi ketika gangguan cuaca di laut sangat mempengarahui ketika patroli laut,” kata Waterpauw di Jayapura, Kamis (19/3/2015).

Menurutnya, jika menggunakan helikopter, dalam waktu beberapa jam saja, polisi sudah bisa mengitari area wilayah hukum mereka, terutama daerah perairan, untuk mendeteksi ada tidaknya pelanggaran hukum yang dilakukan pihak tertentu.

“Kami juga sinergi dengan Angkatan Laut karena mereka punya sarana yang lebih besar. Memang kami sudah dapat BKO dari Mabes Polri berupa satu buah kapak tipe B1 berkekuatan 37 awak. Namanya kapal Baladewa. Tapi sarana udara akan lebih efektif,” ucapnya.

Katanya, untuk sementara, kapal patroli Baladewa itu akan digunakan mengawasi berbagai pelanggaran di laut Papua Barat. Misalnya ilegal loging, fishing sekitar perairan Raja Ampat dan Papua Barat Pada umumnya. (Arjuna Pademme)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Polda Papua Barat Butuh Helikopter