Bupati Sorsel Terima Satuan Nindya Praja IPDN

share on:
Bupati Sorsel sedang menyematkan tanda perserta pada salah satu Praja IPDN, Jubi/Ness
Bupati Sorsel sedang menyematkan tanda perserta pada salah satu Praja IPDN, Jubi/Ness

Teminabuan, Jubi – Bupati Sorong Selatan, Otto Ihalauw, menerima/ Satuan Nindya Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Kampus Regional Papua, untuk melaksanakan Praktek Lapangan (PL) di lingkungan Pemkab Sorsel, Jumat (20/3/2015).

Prosesi penerimaan Satuan Nindya Praja IPDN yang dilaksanakan dalam upacara di Lapangan Trynati Teminabuan tersebut dihadiri oleh Direktur IPDN Kampus Regional Papua, Margaretha Rumbekwan, para dosen pendamping, pimpinan SKPD, para siswa SMAN 1 dan SMPN 1 Teminabuan. Yan Pieter Rumbiak selaku Kepala Satuan PL di Pemkab Sorsel saat upacara dalam laporannya mengatakan, Satuan Nindya Praja IPDN melaksanakan PL di lingkungan Pemkab Sorsel selama kurang lebih satu bulan, terhitung tanggal 16 Maret sampai 14 April 2015.

Jumlah Satuan Nindya Praja yang melaksanakan PL sebanyak 148 orang, ditambah dengan pembimbing sebanyak 25 orang. “Mereka akan disebarkan di beberapa tempat untuk melaksanakan PL, yakni di tiga distrik dan tujuh SKPD yang ada di lingkungan Pemkab Sorsel,” ujarnya.

Ketiga distrik tersebut antara lain distrik Moswaren, Teminabuan dan Seremuk. Sedangkan untuk tujuh SKPD, lanjut Yan, akan ditempatkan di Bagian Sekretariat Daerah, Badan Pemberdayaan Masyarakat, BKD dan Diklat, Dinas Pendidikan, Kantor Bappeda, Inspektorat dan Dinas Pendapatan Daerah.

Sementara Bupati Sorsel, Otto Ihalauw dalam sambutannya mengungkapkan, kabupaten Sorsel sudah beberapa kali mendapat kunjungan mahasiswa dari kampus lain untuk melaksanakan Praktek Lapangan. Namun untuk kali ini, merupakan suatu kehormatan karena IPDN Kampus Regional Papua memilih Kabupaten Sorsel, sebagai tempat Praktek Lapangan bagi Satuan Nindya Praja Angkatan XXII.

Untuk Provinsi Papua Barat, sambung Bupati Sorsel merupakan daerah kedua tempat para Satuan Nindya Praja melaksanakan PL. “Untuk itu saya sampaikan terima kasih kepada IPDN Kampus Regional Papua atas kepercayaannya,” ujar bupati.

Selaku pimpinan daerah, Bupati Sorsel mengharapkan agar para Nindya Praja dapat menyesuaikan diri dengan masyarakat Sorsel.

Masyarakat asli Sorsel, terangnya, terdiri atas tiga suku besar, yakni suku Tehit yang mendiami wilayah Teminabuan, suku Imekko dan suku Maybrat, ditambah dengan suku bangsa lain sebagai pendatang.

Dengan hadirnya Satuan Nindya Praja IPDN di wilayah Sorsel, pihaknya juga mengharapkan kepada seluruh masyarakat dan terutama para orang tua wali, agar jadikan mereka sebagai keluarga dan anak selama menjali PL. (Nees Makuba)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Bupati Sorsel Terima Satuan Nindya Praja IPDN