Kementerian ESDM Setujui Pembangunan Pelabuhan Depo Nagna di Sorsel

share on:
Bupati Sorsel Drs. Otto Ihalauw . bersama Masyarakat saa meninjau Lokasi Pembangunan Pelabuhan Depo Nagna - Jubi,nees
Bupati Sorsel Drs. Otto Ihalauw . bersama Masyarakat saa meninjau Lokasi Pembangunan Pelabuhan Depo Nagna – Jubi,nees

Sorong, Jubi – Kementerian SDM, SKK Migas dan PT. Pertamina menyetujui Pembangunan Pelabuhan Depo Pertamina di Nagna Distrik Konda Kabupaten Sorong Selatan Papua Barat yang akan mulai tahun 2015 ini.

Rencana ini sebagai wujud dari perjuangan yang cukup lama, yakni sejak tahun 2006 hingga 2012. Melalui Unit Percepatan pembangunan Papua dan Papua Barat (UP4B) bersama PT. Pertamina dan SKK Migas, sehingga kini disetujui Kementerian Sumber Daya Mineral (ESDM).

“Perjuangan panjang, pemkab bersama UP4B, BP migas dan Pertamina. Kini tinggal selangkah lagi Pelabuhan Depo akan dibangun,” jelas Bupati Sorsel, Otto Ihalauw, Jumat, (20/3/2015).

Pemkab Sorsel sendiri, kata Ihalauw telah menyediakan lahan seluas lima hektar atau 500 x 500 meter persegi di Kampung Nagna Distrik Konda sesuai prasyarat yang diajukan Pertamina. Saat ini sudah dibangun taluk sepajang 200 meter guna menahan abrasi

Tokoh masyarakat Nagna Disrik Konda, Yunias Yanggo menyambut baik niat Pemkab Sorsel ini.Ia menyatakan akan selalu memberikan dukungan bagi kehadiran pelabuhan yang akan melayani kebutuhan BBM di empat kabupaten, yakni Sorsel, Maybrat, Tambrauw, dan Imeko. “Masyarakat adat siap untuk menyambut pembangunan Pelabuhan Depo, karena itu bagian dari merubah perekonomian dan keterisolasian masyarakat,” katanya.

Pembangunan Pelabuhan Depo tersebut  akan dilakukan selama dua tahun, yakni 2015 dan 2016 sekaligus pengoperasian. (Ness Makuba)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kementerian ESDM Setujui Pembangunan Pelabuhan Depo Nagna di Sorsel