Jembatan 300 Miliar Tak Bermanfaat

share on:
Anggota Komisi IV DPR Papua, Orgenes Kaway - Jubi/Arjuna
Anggota Komisi IV DPR Papua, Orgenes Kaway – Jubi/Arjuna

Jayapura, Jubi – Komisi IV DPR Papua bidang insfrastuktur menemukan sejumlah masalah di Kabupaten Jayapura ketika melakukan kunjungan kerja ke wilayah itu beberapa hari lalu.

Anggota Komisi IV DPR Papua, Orgenes Kaway mengatakan, ada lima jembatan di Distrik Nimbokrang yang kini pembangunannya tak rampung. Ada juga infrastruktur yang pembangunannya sudah rampung, namun tak bermanfaat karena tidak dipergunakan masyarakat.

“Itu artinya tak tepat guna. Misalnya saja lima jembatan itu. Kini sudah menghabiskan biaya kurang lebih Rp 300 miliar. Saya tak tahu, instansi mana yang membangun jembatan itu. Namun kami minta agar dibenahi kembali karena percuma jembatan dibangun kalau akses jalan tak diperbaiki,” kata Orgenes Kaway, Senin (23/3/2015).

Harusnya, kata Orgenes, proyek apapun yang dikerjakan pemerintah, harus tepat sasaran dan manfaatnya bisa dirasakan masyarakat. Jika tidak, sama saja buang – buang anggaran.

“Tak hanya itu, pembangunan jalan dan jembatan di daerah Doyo dan Sentani, juga masih ada yang belum diselesaikan. Padahal anggarannya sudah ada,” ucapnya.

Ia berharap, dalam Anggaran Belanja Tambahan (ABT) 2015, pengerjaan jembatan di Distrik Nimbokrang, dan jalan serta jembatan di Doyo bisa diselesaikan.

Pada suatu kesempatan, anggota Komisi IV DPR Papua lainnya, Thomas Sondegau mengatakan, pembangunan infrastruktur di daerah, baik yang dibiayai dari APBD Provinsi, APBD kabupaten, dan APBN harus tepat sasaran.

“Jangan membangun infrastruktur yang manfaatnya tak dirasakan masyarakat. Itu sama saja buang – buang anggaran. Tak ada manfaatnya,” kata Thomas kala itu. (Arjuna Pademme)

 

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Jembatan 300 Miliar Tak Bermanfaat