Pemkab Kotim Segera Tertibkan PNS Keluyuran

share on:

Sampit, Jubi/Antara – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, memastikan akan segera menertibkan pegawai negeri sipil yang keluyuran saat jam kerja tanpa izin dan alasan jelas.

“Penertiban pasti akan kami lakukan. Hasil rapat minggu lalu sudah dituangkan dalam surat edaran yang sudah disampaikan ke seluruh instansi. Kami sosialisasikan lebih dulu supaya tahu,” kata Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah Kotawaringin Timur, Alang Arianto, di Sampit, Senin (23/3/2015).

Untuk menertibkan PNS ‘nakal’ itu dibentuk tim yang dikoordinir Satuan Polisi Pamong Praja dengan anggota terdiri dari berbagai satuan kerja perangkat daerah yaitu BKD dan Inspektorat.

Razia akan diarahkan ke sejumlah tempat untuk menjaring PNS yang keluyuran tanpa alasan jelas saat jam kerja. Jika ada yang terjaring, maka akan dibuat berita acara dan diserahkan ke pimpinan instansi masing-masing untuk dilakukan pembinaan. Namun jika masih membandel, maka akan diberi sanksi tegas sesuai aturan.

PNS yang ingin keluar tempat tugas harus minta izin dari pimpinan instansi masing-masing untuk mendapatkan kartu kendali. Kartu tersebut sebagai bukti apakah PNS tersebut keluar kantor untuk kegiatan tugas atau keperluan pribadi.

“Menjemput anak boleh saja harus minta izin ke pimpinan supaya dapat kartu kendali. Setelah selesai, kartu kendali itu diserahkan lagi ke pimpinan atau yang menanganinya,” kata Alang.

Penertiban ini harus dilakukan karena banyak laporan PNS keluyuran saat jam kerja tanpa izin. Bahkan ada kabar oknum PNS pergi ke tempat karaoke masih menggunakan seragam dinas.

“Masalah seperti ini harus disikapi secara serius agar tidak merusak citra dan kinerja pemerintah,” katanya. (*)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemkab Kotim Segera Tertibkan PNS Keluyuran