Sungai Kohoin, Terancam Pencemaran

share on:
Sungai Kohoin Teminabuan - Jubi Ness
Sungai Kohoin Teminabuan – Jubi Ness

Sorong, Jubi – Badan Lingkungan hidup Kabupaten Sorong Selatan , diminta memperhatikan pemanfaatan Sungai Kohoin yang merupakan ikon Kabupaten Sorong Selatan dan harus dilestarikan, karena kini tercemar oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Pemerhati lingkungan, Rini Suryaningsi,  yang juga pernah menulis artikel tentang pemanfatan Danau Sentani di Jayapura, kemudian Intuinitas Keberagaman Suku di Danau Paniai ini, mengagumi potensi Sungai Kohoin yang menurutnya membawa manfaat besar bagi masyarakat, baik segi ekonomis dan potensi wisata. Jika potensi ini dijaga dan dikelola secara optimal. “ Sungai jika tidak dijaga baik dari segi pemeliharaan , serta sumber air, kekeringan menjadi ancaman serius,” katanya kepada Jubi, Senin (23/3/2015)

Sementara Kepala Badan Lingkungan Hidup Yusuf Sipayung mengenai pemanfaatan dan pengawasan fungsi sungai Kohoin, pihaknya telah mengusulkan beberapa Perda ke Pemda Kabupaten Sorong Selatan dan DPRD namun belum ada tanggapan. Pihaknya tetap serius menjaga ikon Kabupaten Sorong Selatan ini. “Kami serius, namun Perda yang diusulkan kami masih tunggu,” tuturnya .

Selain Sungai Kohoin, beberapa sungai besar di Sorong Selatan,kini perlu diperhatian dan diawasi agar sungai-sungai tersebut tetap sebagai fungsinya dan bermanfaat bagi kelestarian alam di Sorong Selatan, semisanyal Sungai Kohoin, Sungai Sembra, Sungai Wermit, dan Sungai Moswaren serta sungai Boldon Sesor. (Nees Makuba)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Sungai Kohoin, Terancam Pencemaran