Petani Korban Wereng Jajal Tanam Pepaya California

share on:

Bandung, Jubi/Antara – Sejumlah petani korban hama wereng di Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mencoba untuk menanam pepaya california guna mendapatkan alternatif pendapatan selain bertanam padi.

“Kami dianjurkan membuat sepuluh lubang untuk menanam pepaya california, masing-masing kepala keluarga akan mendapat sepuluh pohon,” kata Daswi (60), warga Desa Ciparigi, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis, Selasa (24/3/2015).

Daswi merupakan salah seorang petani yang tanaman padinya habis dan gagal panen akibat serangan hama wereng yang melanda daerah mereka selama hampir lima musim tanam.

Selain di Kecamatan Sukadana, hama wereng yang mengakibatkan gagal panen itu juga terjadi di Kecamatan Cijeungjing dan Kecamatan Cisaga.

Daswi bersama suaminya, Suhanda, harus melupakan kegagalan panen dan berharap bisa mendapatkan penghasilan alternatif dari tanaman pepaya California itu.

Hampir semua kepala keluarga di Kampung Citamiang Kulon Desa Ciparigi membuat lubang di pekarangan rumah mereka dengan ukuran 50×50 centimeter dengan kedalaman 50 centimeter yang dibuat berderet.

“Katanya kami akan mendapat benih pepaya itu sebanyak sepuluh pohon, katanya cocok untuk daerah kami,” kata Dullah (75), salah seorang pensiunan kepala sekolah di desa itu.

Ia berharap tanaman itu bisa memberikan nilai tambah bagi para petani di kampung itu yang dalam beberapa musim tanam harus gigit jari karena gagal panen akibat wereng.

“Kami sekarang membeli beras karena tidak panen, mudah-mudahan saja tanaman pepaya ini memberikan nilai tambah bagi petani,” kata Dullah.

Para petani berharap program menanam pepaya california itu bisa menjadi solusi bagi para petani dan berharap ada cara untuk keluar dari serangan hama wereng. (*)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Petani Korban Wereng Jajal Tanam Pepaya California